Ribuan Buruh Akan Demo di Surabaya, Tolak Upah Murah

Ilustrasi demo buruh
Ilustrasi demo buruh
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA - Ribuan buruh akan melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Senin, 29 November 2021. Mereka beraksi untuk mendesak Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 91/PU-XVIII/2020 dengan jujur serta menolak tegas penetapan upah murah.

Ilustrasi buruh saat aksi demo tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Ilustrasi buruh saat aksi demo tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Ring-1 Jawa Timur

Rencananya, demo akan didominasi massa buruh daerah Ring-1 Jawa Timur, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan. Mereka bergerak dari daerah masing-masing untuk bertemu di Bundaran Waru atau di depan Mall City of Tomorrow (CITO) pada pukul 12.00 WIB. Setelah itu mereka akan bergerak bersama menuju Gedung Negara Grahadi.

"Khusus massa aksi dari Sidoarjo, sejak pukul 09.00 WIB akan mengawal jalannya rapat Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinisi Jawa Timur," kata Jubir Gerakan Serikat Pekerja (Gasper) Jatim, Jazuli, dihubungi wartawan.

Baca juga: Buruh Mau Demo di Istana, Catat Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Lebih lanjut, puncak aksi penolakan upah murah ini seharusnya dilakukan hari ini. Namun, pihak serikat pekerja atau buruh menunda pelaksanaanya pada Selasa besok, 30 November 2021. Untuk hari ini, diperkirakan sebanyak 25 ribu orang buruh akan beraksi. Sementara untuk besok diperkirakan sebanyak 50 ribu orang.