DPR Cecar Gus Yaqut Soal Kementerian Agama Hadiah untuk NU

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja di DPR
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja di DPR
Sumber :
  • Kemenag

VIVA - Komisi VIII DPR menggelar rapat kerja dengan Kementerian Agama di Gedung DPR, Selasa, 30 November 2021. Hadir langsung Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, beserta jajarannya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Hadiah untuk NU

Dalam kesempatan tersebut, dibahas mengenai sejumlah isu aktual, salah satu yang juga ditanyakan oleh DPR adalah mengenai ucapan Menag Yaqut yang menyebut Kementerian Agama hadiah untuk NU, bukan umat Islam. Anggota Komisi VIII John Kenedy Azis meminta Gus Yaqut menjelaskan ucapannya itu di hadapan DPR.

"Banyak yang tergores Pak Menteri akibat daripada pernyataan Pak Menteri ini. Saya Nahdliyin pak menteri saya salah satu penasehat Nahdliyin di Sumatera Barat. Tapi di sisi lain saya sebagai umat Nahdliyin benar-benar sangat menyayangkan apa yang Pak Menteri ucapkan ini sangat melukai hati umat Islam pada umumnya," kata John.

John menilai forum rapat di DPR itu menjadi momen yang tepat Gus Yaqut menjelaskan ucapan tersebut. Sebab, John melihat apa yang diucapkan Gus Yaqut sangat tendensius sehingga perlu diklarifikasi.

"Jadi menurut hemat saya ini sangat tendensius pak, Artinya bisa memantik polemik antar kita Islam di daerah, di seantero Indonesia ini. Jadi untuk artinya mengklarifikasi pernyataan-pernyataan itu melalui tempat yang terhormat ini, yang notabennya 53 orang anggota DPR di komisi 8 yang merupakan representatif dari pada masyarakat Indonesia," ujar John.