Logo ABC

AS Tingkatkan Fasilitas Militer di Australia untuk Tandingi China

Pentagon sudah memberikan rincian mengenai usaha untuk menandingi meningkatnya dominasi China di kawasan Asia Pasifik. (Department of Defence)
Pentagon sudah memberikan rincian mengenai usaha untuk menandingi meningkatnya dominasi China di kawasan Asia Pasifik. (Department of Defence)
Sumber :
  • abc

Amerika Serikat akan memperbaiki fasilitas pertahanan yang berada di Australia dalam usaha untuk bersaing dengan China di kawasan Indo Pasifik.

Rencana ini tertuang dalam laporan terbaru Departemen Pertahanan Amerika Serikat, meski hanya sedikit rincian yang diberikan untuk diketahui publik.

Sebagian dari dokumen tersebut yang dibuat di bawah Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, dan akan bersifat untuk kalangan internal saja.

"Di Australia, akan ada rotasi baru pesawat tempur dan armada pengebom, juga adakan ada latihan bagi pasukan darat dan peningkatan kerja sama logistik," kata Menteri Muda Pertahanan Amerika Serikat, Mara Karlin kepada wartawan.

"Lebih luas lagi di kawasan Indo-Pasifik, akan ada perbaikan infrastruktur di Guam,  Commonwealth of the Northern Mariana Islands dan Australia."

Dr Karlin menambahkan kawasan Indo Pasifik akan menjadi fokus utama bagi kajian militer Amerika Serikat, karena ditegaskan Menhan Llyod bahwa "China akan mendapat saingan" di kawasan tersebut.

Dr Karlin mengatakan perbaikan fasilitas militer di Australia diharapkan terjadi dalam beberapa tahun mendatang, termasuk fasilitas logistik, penyimpanan bahan bakar, penyimpanan amunisi dan perbaikan landasan udara.