Pengungsi Asal Afghanistan Bakar Diri di Medan

Ilustrasi bakar diri.
Sumber :
  • blokbojonegoro.com

VIVA – Seorang pengungsi asal Warga Negara Afghanistan bernama Ahmadsyah (22) nekat membakar diri di depan gedung Forum Nine Office Building di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa siang, 30 November 2021.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Koordinator pengungsi di Kota Medan Afghanistan Muhammad Juma Mose menjelaskan bahwa rekannya sesama pengungsi mencari suaka itu, diduga mengalami depresi. Sehingga mengambil jalin pintas untuk bunuh diri dengan cara membakar tubuhnya.

"Luka bakar 75 persen, sekarang dirawat di rumah sakit Siloam. Dia (Ahmadsyah) mengalami depresi atau gangguan jiwa," ungkap Juma kepada wartawan di lokasi kejadian.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Juma mengungkapkan sebelum kejadian tersebut, dirinya bersama pengungsi yang lain mencoba menghalangi Ahmadsyah yang hendak membakar dirinya. Kemudian, membujuk korban tidak melakukan hal tersebut.

"Dia sudah menyiram tubuhnya dengan bensin. Dia juga memegang mancis (korek api) ditangan kanan dan kiri," ucap Juma.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Pengungsi asal Warga Negara Afghanistan membakar diri

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Juma menjelaskan aksi bakar diri sebagai bentuk frustasi dihadapi Ahmadsyah, termasuk pengungsi Afghanistan tersebut. Karena, sampai saat ini. Mereka belum juga dikirim ke negara ketiga.

"Korban bolak balik minta sama IOM dan UNHCR untuk perhatikan. Tapi mereka tidak memperhatikan. Akhirnya dia nekat membakar diri. Badannya parah terbakar kanan kiri," ucap Juma.

Juma mengatakan api di badan Ahmadsyah berhasil dipadamkan, oleh pihak sekuriti gedung Forum Nine. Kemudian, korban dievakuasi ke RS Siloam yang persis berada didepan gedung tersebut.

"Api sudah dipadamkan sama sekuriti dengan alat pemadam api," kata Juma.

Juma mengatakan bahwa Ahmadsyah merupakan korban ketujuh yang berhasil diselamatkan yang mencoba bunuh diri. Sebelumnya, ada 6 pengungsi yang melakukan hal yang sama.

"Ini bukan orang pertama yang mau membakar diri sudah 14 orang bunuh diri 6 orang sudah kita selamatkan termasuk ini orang yang ketujuh kita selamatkan," kata Juma.

Juma menjelaskan mereka sebagai pengungsi Afghanistan mencari suaka, sudah berada di Indonesia, khusus di Kota Medan selama 10 tahun. Namun, belum ada kejelasan untuk para pengungsi untuk diberangkatkan ke negara ketiga.

Untuk mencari hak, para pengungsi Afghanistan ini menggelar aksi didepan gedung Forum Nine lebih kurang 30 hari belakang ini. Mereka pun, membangun tenda dan tidur di depan gedung tersebut.

Di gedung Forum Nine tersebut, UNHCR berkantor. Selama mereka menggelar aksi, Juma mengatakan belum ada respon baik disampaikan UNHCR diberikan kepada para pengungsi Afghanistan itu.

"Kami minta pemerintah Indonesia tolong cari solusi terbaik. Tolong kami pak Jokowi, tolong kami Pak Gubernur," kata Juma.

Baca juga: Kisah Pengungsi Afghanistan yang Terlantar di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya