Brigjen Rusdi Ungkap Cara TNI-Polri Jaga Soliditas di Akar Rumput

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris

VIVA – Peristiwa perselisihan antara anggota TNI dan Polri beberapa hari ini terjadi pasca dilantiknya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di sejumlah daerah. Antara lain, dua anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) adu tinju dengan prajurit TNI di Ambon, Maluku pada Rabu, 24 November 2021.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Kemudian, anggota Satgas Nanggala Kopassus dengan Satgas Amole di Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepat di depan Mess Hall, Timika, Papua pada Sabtu, 27 November 2021. Dengan begitu, Polri dan TNI tetap menjaga kesolidan dan sinergitas dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan maupun keamanan masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono memastikan insiden-insiden yang terjadi di sejumlah daerah beberapa hari ini dengan melibatkan anggota TNI dan Polri tidak menyurutkan soliditas dan sinergitas kedua institusi tersebut.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Bapak Panglima TNI, Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) sudah menjelaskan kepada bawahan seluruhnya, bagaimana bisa menjaga sinergisitas dan solidaritas TNI-Polri itu sendiri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi pada Selasa, 30 November 2021.

Menurut dia, banyak kegiatan atau aktivitas yang dilaksanakan sama-sama antara TNI dengan Polri di berbagai wilayah seperti pengendalian penanganan COVID-19, pelaksanaan program pemerintah vaksinasi COVID-19 dan lainnya.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

“Ini menjadi bagian bagaimana menjaga dan meningkatkan solidaritas dan sinergisitas TNI-Polri. Ini sudah berjalan baik,” jelas dia.

Maka dari itu, Rusdi menegaskan bahwa insiden yang terjadi belakangan ini adanya perselisihan antara anggota TNI dengan Polri tidak akan melunturkan kebersamaan kedua institusi tersebut melaksanakan tugasnya di arus bawah.

“Jadi kalau ada hal-hal terjadi di luar, tentunya ini tidak akan mengurangi daripada kesolidan dan kesinergian antara TNI-Polri. Kita tetap menjaga itu, karena soliditas dan sinergitas TNI-Polri menjadi suatu kekuatan strategis untuk bangsa ini,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya