Seluruh Wilayah Aglomerasi di Semarang Raya Kini Sudah Level 1

Sosialisasi prokes di kendal yang masuk wilayah aglomerasi Semarang Raya.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Pemerintah telah mengumumkan perpanjangan PPKM hingga dua pekan ke depan. Sejumlah kabupaten/kota mengalami perubahan status level PPKM. Ada yang turun, ada juga naik.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Perbaikan Signifikan

Salah satu yang cukup melegakan, wilayah aglomerasi Semarang Raya kini semua kabupaten/kota yang ada di area tersebut, sudah berstatus level 1. Yaitu Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal. Yang paling baru adalah Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga yang pada periode PPKM sebelumnya masih berlevel 2.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Kawasan Kota Lama Semarang yang dikunjungi lagi setelah berstatus PPKM level 2.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Dari pantauan data di masing-masing daerah tersebut, angka kasus aktif memang menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan. Kota Semarang bahkan sempat mencatat angka nol kasus pada pertengahan November.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Sementara Kabupaten Semarang saat ini ada 3 kasus aktif. Begitu juga di Demak dan Salatiga, angka kasus aktifnya juga satu digit.

Sedangkan Kendal yang sempat nyaris mencatat nol kasus, pekan ini justru mencatat lonjakan kasus baru 30 orang lebih di dua kecamatan, yaitu Singorojo dan Kendal Kota.

Selain Semarang Raya yang mencatat perbaikan status PPKM, ada sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah yang kini juga berstatus level 1. Yaitu Kota Tegal, Kota Magelang, dan Kabupaten Grobogan.

Sedangkan daerah yang beralih status dari level 3 ke level 2 adalah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang, Kota Surakarta, Kota Pekalongan, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Boyolali.

Masih ada 2 daerah di Jawa Tengah yang masih bertahan di level 3. Yaitu Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pemalang.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya