TNI Klaim Telah Kuasai Wilayah Suru-suru usai Serangan KSB

VIVA Militer: Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Brigjen TNI Izak Pangemanan
VIVA Militer: Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Brigjen TNI Izak Pangemanan
Sumber :
  • Instagram/@korem172pwy

VIVA – Komandan TNI Komando Resor Militer 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menegaskan bahwa TNI kini sudah menguasai Suru-suru, satu distrik di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, usai serangan penembakan oleh kelompok separatis bersenjata (KSB).

Kondisi di kawasan itu, katanya, sudah terkendali dan kini sudah ditempatkan 70 prajurit di Suru-suru, termasuk prajurit tempur.

"Prajurit siap mengamankan wilayah itu dari gangguan KSB," kata Pangemanan, seraya mengaku prajurit tidak bisa bertindak lebih jauh karena KSB berlindung di tengah masyarakat yang berada di sekitar tiga pulau.

Penembakan dilakukan KSB dari seberang sungai sehingga yang dilakukan prajurit melindungi warga masyarakat yang masih bertahan di Suru-suru. Sebagian besar warga memang sudah mengungsi ke wilayah yang dianggap lebih aman dan tidak berada di pinggir sungai, kata Pangemanan.

VIVA Militer : Yonif Mekanis Raider 413/Kostrad TNI AD gelar patroli di Papua

VIVA Militer : Yonif Mekanis Raider 413/Kostrad TNI AD gelar patroli di Papua

Photo :
  • Penkostrad TNI AD

Pada Senin, 29 November, sempat terjadi kontak tembak saat penambahan pasukan hingga menyebabkan satu prajurit terluka. Namun, dipastikan keamanan saat ini sudah dikuasai dan anggota diminta senantiasa siaga, katanya.

Ketika ditanya tentang warga yang mengungsi, Pangemanan mengakui, namun itu dilakukan yang rumahnya di pinggir sungai karena KSB menembaki dari seberang sungai. Masyarakat yang rumahnya di pinggir sungai mencari tempat yang aman hingga berlindung di dalam hutan.