15 Ribu Orangtua di Malang Setuju Anak Usia 6-11 Tahun Divaksin COVID

Vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak
Vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Pemerintah Kota Malang masih melakukan survei terkait rencana pemberian vaksin pada anak usia 6 hingga 11 tahun. Dari 90 ribu anak sasaran, sebanyak 15 ribu telah mengembalikan formulir survei. Mereka setuju jika anak mereka disuntik vaksin pencegahan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, koordinasi vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun sedang dilakukan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. Targetnya akhir tahun hasil survei dari responden yang merupakan wali murid di sekolah itu sudah terkumpul sehingga sasaran vaksin anak jelas. 

"Vaksin anak kita masih koordinasi dengan Dikbud karena harus ada persetujuan dari orang tua, Dikbud menyampaikan format persetujuan vaksinasi COVID-19 untuk anak didiknya. Format itu akan dikumpulkan yang setuju itu yang menjadi sasaran kita untuk vaksin," kata Husnul. 

Husnul menuturkan, selain melakukan survei persetujuan vaksinasi anak, Dinkes Kota Malang juga menunggu, aturan dan regulasi vaksinasi anak dari Kemenkes RI. Sebab, sampai saat ini jenis vaksin yang diberikan kepada anak juga belum diketahui. 

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sementara menunggu rekomendasi dan regulasi dari Kemenkes, kapan usia 6-11 ini dilaksanakan vaksinasi. Terus apa vaksin yang diberikan itu masih belum keluar. Belum dapat data resminya (jumlah responden). Saat ini masih sekitar 15 ribu (responden setuju vaksin anak)," ujar Husnul. 

Sesuai rencana Pemkot Malang, vaksinasi anak akan dilakukan di awal tahun 2022. Setelah program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dirampungkan. Husnul menjamin stok vaksin untuk anak di Kota Malang aman dan dijamin oleh negara.