Kecam Tahanan Tewas, Ahmad Sahroni Minta Petugas Diperiksa

Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni
Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Seorang tahanan kasus pencabulan bernama Hendra Syahputra atau HS, tewas di dalam sel tahanan Satreskrim Polrestabes Medan, Sumatera Utara pada Rabu 24 November 2021. Tewasnya tahanan tersebut diduga akibat penganiayaan, karena korban tidak memberikan uang keamanan. 

Wakil Ketua Komisi III (membidangi masalah hukum) DPR RI Ahmad Sahroni, mengecam adanya dugaan aksi penganiayaan dalam sel tersebut. Dia juga meminta kepada pihak kepolisian, untuk menyelidiki kasus itu hingga tuntas.

"Saya sangat mengecam adanya aksi penganiayaan di dalam sel tahanan, apalagi ini sampai menyebabkan tewasnya seseorang. Tidak ada pembenaran perilaku kekerasan maupun penyiksaan di lapas terhadap siapapun tahanannya, apapun kasus mereka, karena semua memiliki hak dan kewajiban yang sama dimata hukum," kata Sahroni kepada wartawan, Rabu 1 Desember 2021.

Sahroni Minta Cari Dalangnya

Menurut Sahroni, kasus tewasnya tahanan ini harus diusut sampai tuntas hingga ke akar akarnya. Apalagi jika memang ada dalang yang menyebabkan hilangnya nyawa orang di dalam sel.

Baca juga: Tahanan Polrestabes Medan Dianiaya hingga Tewas di Penjara

"Karenanya, saya minta kepada pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini, cari siapa dalang dari penganiayaan tersebut karena ini sama saja dengan kasus pembunuhan," ujarnya