Pemkot Solo Larang ASN Cuti Nataru, Tapi Boleh Berwisata

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani.
Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Pemerintah Kota Solo melarang para aparatur sipil negara (ASN) untuk mengambil cuti dan bepergian ke luar kota selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Larangan itu diambil untuk menghindari penyebaran kasus COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani mengatakan, para ASN dilarang untuk cuti selama Nataru. Jika ada ASN yang nekat mengambil cuti Natarau bakal mendapatkan sanksi.

“Aturannya ya seperti yang kemarin-kemarin itu enggak boleh cuti. Nanti kita buat surat edaran tidak boleh ada cuti. Sanksinya seperti biasa, ada sanksi disiplinnya" kata dia di Balai Kota Solo, Rabu, 1 Desember 2021.

Ahyani pun mengungkapkan, libur Natal yang jatuh pada Sabtu, 25 Desember 2021 bertepatan dengan libur akhir pekan. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada para ASN untuk tetap berada di dalam kota karena untuk bepergian luar kota juga terdapat pengetatan pemberlakuan PPKM level 3.

Baca juga: Bahlil Harap Hitungan UMP Tak Bebani Pengusaha

“Imbauannya kan saat PPKM level 3 nggak usah banyak bepergian kalau nggak penting.  Dah itu aja,” ucapnya.

Meskipun melarang bepergian  ke luar kota, Ahyani memperbolehkan para ASN untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Solo. Pasalnya selama libur Nataru nanti tempat wisata di Solo diperbolehkan buka meskipun terdapat pembatasan jumlah pengunjung.