Temui Wapres Maruf Amin, KSAD Jenderal Dudung Bahas Keamanan Papua

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman bertemu Wapres Maruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Wakil Presiden K.H. Maruf Amin menerima kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, hari ini. Di Ruang Kerja Istana Wapres, Jakarta Pusat, pertemuan keduanya membicarakan banyak hal.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Salah satunya yang menjadi fokus kerja Kiai Ma’ruf belakangan ini terkait kesejahteraan di Papua. Apalagi diketahui, Wapres merupakan Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Wapres sangat mengapresiasi gagasan yang dikemukakan oleh KSAD yang akan dilakukan secara lebih humanis,” ucap Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Rabu 1 Desember 2021. 

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Wapres, kata Masduki, memberi apresiasi kepada bekas Pangkostrad itu karena telah membangun komunikasi di Papua, tidak lama setelah dilantik Presiden Joko Widodo. Pendekatan di Bumi Cendrawasih yang humanistik dianggap tepat. 

Lebih jauh, menurut Masduki, pendekatan humanistik akan mampu menarik simpati rakyat sehingga mempermudah upaya membangun kesejahteraan di sana. Pertemuan pun disebut berlangsung selama satu dengan suasana hangat dan santai.

Mengejutkan Harta Berjalan Jenderal Asep Adang Pemilik Pelat TNI Fortuner yang Arogan

“Pendekatan ini punya perspektif yang bisa membangun suasana kedamaian dan keakraban di Papua,” tutur Masduki.

Selain pendekatan humanistik, Masduki mengungkapkan akan dilakukan pula pendekatan ke masyarakat dengan konsep teritorial atau berdasarkan wilayah yang diharapkan dapat tepat sasaran pada masyarakat.

“Pendekatan teritorial dengan basisnya kalau di tingkat kabupaten itu ada Kodim, lalu kemudian ada Koramil atau Danramil, sampai ke tingkat Babinsa. Wapres juga sangat setuju,” kata dia.

Kiai Ma’ruf pun merasa gagasan yang sudah digaungkan oleh Jenderal Dudung sejalan dan sudah dibahas antara dirinya dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

“Ternyata gagasannya sama. Jadi, antara gagasan Wapres, KSAD, dan Panglima TNI itu in line,” ucap Masduki.

“Membangun hubungan kemanusiaan itu sudah dibuktikan oleh Pak KSAD yang menyatakan teman-teman kita di Papua, KKB itu adalah saudara yang perlu dirangkul bersama-sama,” sambung Masduki.

Selain Jubir Masduki Baidlowi, hadir mendampingi Wapres, Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya