Kata Mensesneg Soal Desakan Pimpinan MPR Pecat Sri Mulyani

Mensetneg Pratikno saat menyerahkan surat presiden soal calon Panglima TNI
Mensetneg Pratikno saat menyerahkan surat presiden soal calon Panglima TNI
Sumber :
  • DPR

VIVA – Menteri Sekretaris Negara Pratikno, merespons isu yang belakangan mencuat yakni agar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dipecat dari jabatannya. Sebelumnya pernyataan itu datang dari pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Fadel Muhammad.

Menurut Pratikno, urusan gonta-ganti menteri ada di tangan Presiden Joko Widodo. Sebab, hal tersebut adalah hak prerogratif kepala negara.

“Kalau itu kan urusannya Presiden mengenai pengangkatan dan seterusnya, pergantian menteri," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta Presiden Jokowi memecat Sri Mulyani. Hal itu diungkapkan karena bendahara negara itu kerap absen mengikuti rapat dan pernah berjanji menambah anggaran di lembaga tinggi negara tersebut.

Fadel Muhammad, Terpilih Menjadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD

Fadel Muhammad, Terpilih Menjadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Fadel mengatakan, desakan agar Jokowi memecat Sri Mulyani bukan merupakan usulan pribadinya. Keinginan itu muncul setelah rapat 10 orang pimpinan MPR yang digelar secara hybrid offline maupun online.

Para pimpinan MPR merasa kecewa.