Warga Malang Buta Usai Vaksinasi, Pemkot: Sudah Membaik

Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Seorang warga Arjowinangun, Kedungkandang, Kota Malang Jawa Timur, mengaku mengalami kebutaan setelah mengikuti program vaksinasi COVID-19. Itu dia alami setelah mendapat suntikan vaksin Aztrazeneca dosis pertama, pada awal September 2021 lalu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif membenarkan salah satu warganya mengalami kebutaan pasca vaksinasi. Tetapi sampai saat ini, belum bisa dipastikan apakah penyebab kebutaan karena vaksin. Dinkes Kota Malang pun langsung memberikan bantuan penanganan pasien itu.

"Ya betul, itu kasus lama sudah September lalu sudah ditindak lanjuti dan banyak kemajuannya. Sampai saat ini belum bisa dipastikan (karena vaksin). Warga Arjowinangun, Kedungkandang," kata Husnul, Kamis, 2 Desember 2021.

Tidak Buta Total, Pandangan Buram

Husnul mengatakan, untuk kondisi pasien tidak mengalami kebutaan secara total. Hanya saja, pandangannya menjadi buram saat tidak ada cahaya. Kondisi itu diawal saat pasien dilaporkan. Dinkes mengklaim kondisinya kini sudah membaik. 

"Kalau total tidak, jadi kayak burem kalau lihat sedikit bisa itu di awal-awal, sekarang banyak kemajuan," ujar Husnul. 

Kasus warga mengalami kebutaan pasca vaksinasi ini merupakan yang pertama di Kota Malang. Hal ini pun sudah dilaporkan ke Komisi Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komda KIPI) Jatim oleh Dinkes Kota Malang.