Ke Bali, Jokowi dan Ibu Negara Cek Fasilitas untuk Hajatan G20

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Bertolak ke Bali
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana, menuju Provinsi Bali untuk melakukan kunjungan kerja, hari ini Kamis 2 Desember 2021. Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Dari keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Presiden akan langsung meninjau sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang rencananya akan digunakan pada hajatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 nanti. 

Sejumlah fasilitas tersebut antara lain Mangrove Conservation Forest, infrastruktur jalan, pedestrian, jembatan, dan sejumlah lokasi di kawasan Nusa Dua.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Bertolak ke Bali

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Malam Hari ke GWK

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Sementara itu, pada malam harinya Presiden direncanakan akan meninjau Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park yang terletak di Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Bali, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Koordinator  Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Sebelumnya diberitakan, kemarin malam, Presiden Joko Widodo memulai pembukaan G20 sebagaimana Indonesia didapuk sebagai presidensi dalam forum resmi kelompok 20 negara yang punya pengaruh secara ekonomi global. Dalam acara yang diselenggarakan secara daring, Jokowi menekankan tiga hal. 

Dunia yang tengah dilanda pandemi COVID 19, presidensi G20 Indonesia, fokus terhadap pemulihan ekonomi hingga keadilan sosial disuarakan.  “Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital, ketiga transisi menuju energi berkelanjutan. Saya ingin presidensi Indonesia di G20 tidak sebatas seremonial belaka,” ucap Presiden, Rabu 1 Desember 2021. 

Jokowi menegaskan, keberadaan negara-negara di G20 harus melakukan aksi nyata. Perlu terobosan besar dan gotong royong bersama para anggota G20 untuk memastikan masyarakat dunia merasakan dampak positif. Presidensi Indonesia, juga sambung Jokowi, akan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara berkembang. 

“Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Dan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang. Negara kaya membantu negara miskin,” ujar Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya