JK Sebut NU Seperti Frenchise McDonalds, Muhammadiyah Perusahaan

Jusuf Kalla.
Jusuf Kalla.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.

VIVA – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhamad Jusuf Kalla mengalogikan, bahwa di oganisasi Islam Nahdtlatul Ulama (NU) seperti layaknya waralaba atau franchise.

"Bahwa ribuan pesantren di Indonesia ini yang sebagian besar dimiliki oleh NU. Tapi bukan milik NU, milik orang NU, ada bedanya," kata JK dalam acara Halaqah Satu Abang NU di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Desember 2021.

Dia mengungkapkan, hal itu berbeda halnya dengan organisasi Muhammadiyah. Punya rumah sakit, punya sekolah itu milik arsip Muhammadiyah. Tapi, kalau NU milik orang-orang para kiai NU.

"Jadi saya sering minta maaf. Saya katakan kalau NU itu kaya franchise, McDonald, semua itu McDonalds itu adalah yang punya beda-beda. Kalau Muhammadiyah murni company, dari atas sampai ke bawah dia punya. Tapi, dua-duanya hebat," ujarnya.

Baca juga: Bakal Ada Peta Jalan dan Master Plan Genjot Ekonomi Bali, Ini Fokusnya

Bayangkan hebatnya McDonald. Kata dia, pemiliknya berbeda-beda tapi mereka punya sistem yang dikontrol kepemilikannya nomor dua. Tapi sistemnya yang terkontrol dan teruji.

"Saya katakan orang-orang NU itu entrepreneurship-nya itu tinggi. Karena bisa dirikan pesantren puluhan ribu tanpa campur tangan Pemerintah," ujarnya.