Libur Nataru, Gibran Larang ASN Pakai Mobil Dinas

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

VIVA - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melarang para Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan mobil dinasnya saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain itu, putra sulung Presiden Jokowi itu juga melarang para ASN untuk bepergian ke luar kota demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

TKN Prabowo-Gibran Yakin MK Tolak Permohonan Anies dan Ganjar

“Nggak mudik, jangan bepergian. Pokoknya mobil dinasnya jangan dipakai untuk wisata (luar kota). Mobil dinas dipakai untuk kerja thok (saja),” kata Gibran, Kamis, 2 Desember 2021.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Fajar Sodiq/VIVA.
Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Tunggu Aturan

Meski demikian, ia belum bisa memastikan apakah mobil dinas yang digunakan para ASN itu akan diparkir di balai kota atau tetap dibawa pulang. Gibran pun masih menunggu keluarnya aturan yang mengatur terkait sanksi dan larangan terhadap para ASN yang melanggar.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

“Ya nanti pokoke mendekati hari H tak detailkan kabeh (semua) soal sanksi-sanksi pelarangan,” katanya.

Baca juga: Gibran Minta Masyarakat Tenang Hadapi PPKM: Enggak Sampai Seminggu

Ditahan Dulu

Gibran pun kembali mengimbau para ASN untuk tidak mudik pada libur Nataru nanti. Bahkan, ia meminta kepada para ASN yang akan mudik di sekitar Kota Solo untuk ditahan terlebih dahulu demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

“Ya ditahan dulu lah kalau bisa. Karena mobilitasnya yang bahaya (untuk mencegah penyebaran COVID-19),” katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

Wisata Solo Buka

Meski demikian, ia tidak melarang jika para ASN itu melakukan wisata di dalam Kota Solo. Alasannya, Gibran memastikan bahwa untuk Solo terbilang aman karena hampir semua warga Solo telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Kalau orang Solo kan sudah divaksin semua, inya Allah aman,” ujarnya.

PPKM Level 3

Sejauh ini belum ada terkait larangan pembukaan tempat wisata. Meski demikian, jika nantinya saat penerapan PPKM level 3 dan terdapat kebijakan untuk menutup tempat wisata, Gibran pun mengaku siap untuk melaksanakan perintah penutupan itu.

“Sejauh ini di Inmen belum ada larangan untuk penutupan kok. Ya nanti kalau mendekati hari H, sekiranya penutupan ya ditutup kan sudah ada beberapa spot di SE (Wali Kota Solo) yang saya tuangkan untuk ditutup seperti alun-alun,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya