Jokowi Sebel Sama Polisi: Ada Mural Aja Takut

Presiden Jokowi di Pengarahan Kasatwil Polri 2021 di Bandung
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Polisi kembali dikirtik Presiden Jokowi. Kali ini soal mural. Jokowi mengaku heran dengan adanya penangkapan pembuat mural yang mengkritik pemerintah beberapa hari lalu.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Menurut Jokowi, penangkapan bisa dilakukan jika orang tersebut sudah menggangu keamanan dan kenyamanan warga sekitar.

"Hati-hati dengan indeks kebebasan berpendapat. Ini persepsi dikit-dikit ditangkep, maka dari situ perlu pendekatan persuasif dan dialog. Contoh kecil-kecil saja, mural dihapus. Perintahnya kapolri ya enggak mungkin, perintah kapolda juga enggak mungkin, kapolres juga enggak, itu sebenernya urusan polsek. Saya cek ke lapangan, tapi nyatanya dihapus," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kasatwil di Bali, 3 Desmeber 2021.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Jokowi mencontohkan, dirinya kerap dihina dan difitnah tetapi tidak digubris. Dia mengharapkan agar Polri ke depan bisa mengatasi masalah gangguan keamanan dengan profesional.

"Urusan mural aja ngapain sih. Saya mau di hina, dicaci, difitnah udah biasa. Ada mural aja takut. ini kebebasan berpendapat, tapi kalau menyebabkan kenyamanan di daerah bisa terganggu tidak soal," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

Meski demikian, Jokowi juga mengapresiasi ide Kapolri yang menggelar lomba mural. Sementra itu Jokowi meningatkan jika Indonesia adalah negara Demokrasi di mana kebebasan berpendapat sangat dihargai.

 “Jangan kritik dipanggil, pengkritik dipanggil. Kalau (kritiknya) sudah mengganggu keamanan ya baru (dipanggil). Ketegasan Polri jangan hilang. kebinasaan juga jangan hilang dari Polri. Itu yang sudah salam ingin say sampaikan,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya