Cerita Ganjar Bhinneka Tunggal Ika Dipuji Dubes Ukraina

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Ukraina, Vasyl Hamianin. Ganjar menceritakan hal menarik di dalam pertemuan yang membahas kerja sama Jateng dan Ukraina tersebut.

Ganjar mengatakan, Vasyl mengagumi nilai-nilai suku, agama, ras, budaya, dan seni yang ada di Indonesia. Dalam pertemuan itu, Vasyl secara terang-terangan juga memuji filosofi bangsa Indonesia.

"Beliau justru sampaikan kepada kita bahwa yang menarik dari Indonesia adalah punya 'Bhinneka Tunggal Ika'. Itu Pak Duta Besar yang menyampaikan," ujar Ganjar di Semarang, Jateng, Jumat, 3 Desember 2021.

Menurut Ganjar, nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dipahami sebagai sesuatu yang bisa mempersatukan di Ukraina. Ganjar pun mengaku senang dan mengapresiasi pengetahuan Dubes Ukraina tentang Indonesia.

"Jadi, saya sangat terima kasih Pak Duta Besar, karena beliau banyak tahu tentang hal ini, Indonesia. Dan ini menurut saya, potensi kerja sama ini akan bisa kita tindak lanjuti," ucapnya.

Adapun Ganjar dan Vasyl membahas beberapa langkah kerja sama antara Ukraina dengan Jateng di bidang pendidikan hingga potensi bisnis di Jateng. Pertemuan keduanya berlangsung di kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang.

Baca juga: Cerita Ganjar Bikin Aplikasi Lapor Gub Gegara Aduan Pungli