Varian Omicron Muncul, Masyarakat Diminta Tak Was-was

COVID-19 varian Omicron
COVID-19 varian Omicron
Sumber :
  • The Straits Times

VIVA - Varian baru COVID-19, Omicron dengan nama lain B.1.1.529 yang mulai menjadi pandemi di dunia, disebut WHO sebagai salah satu virus SARS-CoV-2 yang sangat menular bahkan bisa meningkatkan risiko infeksi ulang dan lebih parah dari variant of concern (VOC) lainnya.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

Pembatasan Ketat

Hampir sebagian besar negara termasuk Indonesia, kembali menerapkan pembatasan ketat aktivitas sosial masyarakat, untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menjadi pemicu penyebaran COVID-19.

Pemerintah telah meningkatkan status PPKM kembali ke level 2 disejumlah daerah, dan menggenjot vaksinasi untuk membentuk cluster-cluster antibodi terhadap COVID-19.

Kondisi kehidupan sosial ekonomi tentunya akan kembali seperti fase PPKM Level 2, di mana hampir sebagian besar masyarakat merasa tertekan akan situasi dan kondisi di masa pandemi COVID-19.

"Tidak dapat dipungkiri, varian COVID-19 Omicron, mulai mempengaruhi alam pikiran masyarakat, sehingga rasa was-was, cemas, ketakutan dan emosi menjadi tidak terkontrol sehingga membuat jiwa dan raganya sakit," kata founder Emotional Freedom Tehniques (EFT) Center, Eddy Iskandar, kepada wartawan, Jumat, 3 Desember 2021.