Momen Risma Menangis dan Peluk Penyandang Disabilitas

Menteri Sosial Tri Rismaharini menangis saat bertemu penyandang disabilitas.
Sumber :
  • Kemensos

VIVA – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini menangis dan memeluk salah satu penyandang disabilitas bernama Gading, dalam acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2021.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Risma mengakui bahwa dari anak-anak seperti Gading yang membuat hidup dirinya menjadi berarti. “Terima kasih Gading, semangatmu memberi contoh pada saya untuk terus berjuang dalam kondisi sesulit apapun," kata Risma di kantornya Jakarta Pusat, Jumat, 3 November 2021.

Dalam kondisi apa pun, saat Risma menyerah terutama dalam kondisi tidak ideal dan di situasi yang tidak normal selalu melihat Gading di ponsel. “Saya semangat kembali setelah bertemu Gading. Sekali lagi, terima kasih Gading,” katanya.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Risma menambahkan, “Jujur, saya banyak belajar dari semangat Gading, dimana semangat itulah yang saya contoh saat menjalankan tugas sebagai Menteri Sosial."

Menteri Sosial Tri Rismaharini menangis saat bertemu penyandang disabilitas.

Photo :
  • Kemensos
PDIP Akui Nominasikan Risma di Pilkada DKI tapi Bukan Satu-satunya Kandidat

Tentu saja, kata dia, apa yang dilakukan selama ini sebagai wujud keberpihakannya akan nasib penyandang disabilitas. Bahkan jauh sebelum mendapat amanah menjadi Menteri Sosial, kebijakan sudah diterapkan di Surabaya.

“Jadi, saya bingung, tidak ada niat apapun hanya ingin memberikan hal terbaik bagi orang lain. Kendati itu berat, saya berusaha melakukannya dan seusai ini mohon izin tidak bisa ikut sampai selesai akan langsung ke Sukabumi karena ingin menemui disabilitas yang disiksa," katanya. 

Sosok Gading Ogi Saputra yang menjadi ‘penyemangat’ Mensos itu bukan orang sembarangan. Remaja 17 tahun, penyandang disabilitas fisik sejak lahir yang membuat perlambatan perkembangan fisik menjadikan kedua kakinya tidak berfungsi normal. Ia pun berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Segala stigma negatif sudah dipatahkan Gading dengan membuktikan dirinya penyandang disabilitas bisa berkarya tanpa belas kasih orang lain. Dua tahun terakhir, ia berjualan kopi keliling dilengkapi minuman, rokok, dan barang dagangan lainnya di kotak motor listrik roda tiga.

Satu unit motor listrik roda tiga yang dipakai Gading merupakan bantuan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini yang diserahkan langsung pada Sabtu, 15 Mei 2021 di kediamannya.

Ia menjajakan dagangannya mulai pukul 17.00 - 23.00 WIB di tempat umum. Sebagai anak milenial, Gading pun melayani dengan aplikasi Whatsapp di gawainya yang berbunyi “COD kopi...", ketika ia putar.

Berkat motor listrik roda tiga dari Risma itu, omzet dagangannya naik. Sebelumnya, saat pakai sepeda Rp500 ribu tapi kini dengan motor listrik roda tiga omzet naik menjadi Rp900 ribu, serta bisa menabung Rp300 ribu per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya