Sebuah Bus Terbakar Saat Melintas di Jalan Tol Semarang-Solo

Bus terbakar di ruas jalan tol Semarang menuju arah Solo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Bus dengan nama PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) mengalami kebakaran saat melintas di ruas jalan tol Semarang menuju arah Solo, Sabtu, 4 Desember 2021 pagi. Lokasi kejadian berada di KM 433 Ungaran jalur A yang berada di sisi timur.

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

Kasatlantas Polres Semarang AKP Rendy Johan P. S.H. menjelaskan, dari keterangan sopir bus tersebut, api pertama kali muncul dari bagian ruang mesin. Lalu sopir bus menghentikan laju bus dan menyelamatkan kurang lebih 30 penumpang.

"Sudah bisa dipadamkan dengan mengerahkan 2 unit mobil pemadam kebakaran dari TMJ, untuk badan bus sudah bisa kami tepikan dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujar Kasatlantas yang memimpin langsung evakuasi bus yang mengalami kebakaran. 

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Ia menambahkan, bus PO Sudiro Tungga Jaya dengan nomor polisi AD 1521 BU tersebut bertrayek Tangerang-Jogja. Saat itu sekitar jam 04.30 WIB, sopir bernama Kukuh, warga Jember, melihat adanya api yang keluar dari bagian mesin bus. Sopir lantas berinisiatif menghentikan laju bus dan melakukan penyelamatan para penumpang. 

Polisi olah TKP kecelakaan (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA / Eduward Ambarita
Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Akibat kejadian bus terbakar itu, arus lalu lintas di jalan tol sempat macet di sisi timur. Petugas pun langsung mengendalikan situasi di lokasi dan berusaha mengatasi kemacetan.

"Anggota kami dari unit laka dan Patwal dibantu dari unit PJR Tol stand by di lokasi untuk pemantauan maupun pencairan arus. Kami juga sudah berkoordinasi dari unit INAFIS Polres Semarang untuk melakukan penyelidikan perihal sebab dari terbakarnya bus tersebut," kata AKP Rendy. 

Pantauan hingga siang, jalur tol sudah bisa dilalui kembali, dan petugas memberikan rambu- rambu traffict cone sebelum maupun di lokasi tersebut.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya