Gunung Semeru Erupsi, Khofifah: Semoga Selamat Semua

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut memantau informasi erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021, sekira pukul 15.00 WIB. Ia meminta masyarakat berdoa semua diselamatkan dari dampak erupsi terebut.

“Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo (Mohon doa semoga semuanya selamat),” kata Khofifah di akun Instagramnya, @khofifah.ip.

Di unggahannya itu, Khofifah turut mengunggah video luncuran lava panas dari atas gunung dan warga yang panik berlarian. Sampai saat ini, belum diterima data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim maupun Lumajang dampak akibat erupsi gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu. 

“Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat. Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi,” tulis Khofifah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

Diberitakan sebelumnya, Gunung Semeru dilaporkan erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu erupsi sekira pukul 15.00 WIB. Letusan erupsi Semeru ini diawali dengan laharan guguran awan panas. 

"Erupsi Semeru berupa awan panas guguran tanggal 4 Desember 2021. Diawali dengan laharan, tercatat di seismogram amplitudo maksimum 25 milimeter durasi masih berlangsung," kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani, Sabtu, 4 Desember 2021.