Cuaca di Sekitar Gunung Semeru, Berawan dan Hujan Ringan-Sedang

Gunung Semeru erupsi
Sumber :
  • Twitter @BNPB_Indonesia

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG stasiun Meteorologi Juanda Sidoarjo, menyampaikan cuaca di Gunung Semeru dan sekitarnya saat ini berawan dan hujan ringan hingga sedang. Laporan cuaca ini merujuk pantauan citra satelit.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Pantauan citra radar pukul 18.00 terpantau cuaca di sekitar gunung Semeru dan sekitarnya berawan dan hujan ringan-sedang," tulis akun @infobmkgjuanda, Sabtu 4 Desember 2021.

Pada pukul 18.00 WIB, citra satelit menunjukkan juga adanya hujan ringan hingga sedang. Kemudian, sebaran debu vulkanik juga cenderung mengarah ke barat daya.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Pantauan citra satelit pukul 18.00 WIB sebaran debu vulkanik cenderung ke arah Barat Daya," tulis akun tersebut dalam cuitan berikutnya.

Terkait erupsi Semeru, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, tim BPBD Kabupaten Lumajang tengah mengupayakan pendirian titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. BPBD Kabupaten Lumajang juga mengimbau warga sekitar tidak beraktifitas di dekat lokasi kejadian

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

"Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengungkapkan 6 kecamatan diguyur abu vulkanik Gunung Semeru, Sabtu, 4 Desember 2021. Material abu vulkanik bercampur dengan air hujan. Hal ini lantaran sebagian wilayah Malang dalam kondisi hujan. 

"Kebetulan tadi hujan deras dan material abunya ikut turun dengan hujan itu tadi. Wilayah Ampelgading, Tirtoyudo, Wajak, Gondanglengi, Jabung, Poncokusumo memang terlaporkan tadi ada hujan abu," kata Sadono.

Sadono mengatakan, daerah di Malang yang terdampak abu vulkanik berada di sisi timur Gunung Semeru. Kawasan yang paling terdampak berada di pusat kecamatan. Kawasan itu memiliki tingkat abu vulkanik tebal. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya