Erupsi Gunung Semeru, Ini Instruksi Presiden Jokowi

Guguran awan panas Gunung Semeru
Sumber :
  • PVMB

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

“Bapak Presiden sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui keterangannya pada Minggu, 5 Desember 2021.

Presiden Jokowi kata dia  juga meminta seluruh jajarannya melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

“Selain itu, bapak Presiden memerintahkan agar bantuan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, dan perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu sangat singkat,” ujarnya.

Pratikno mengatakan, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada di wilayah cincin api atau ring of fire yang rawan aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," kata dia.

Pratikno melanjutkan, presiden, wakil presiden, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban meninggal dan korban luka-luka.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan,” ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya