Situs KPU Jatim Diretas, Suarakan Derita Mahasiswi UB Korban Bripda RB

Situs KPU Jatim diretas
Situs KPU Jatim diretas
Sumber :
  • Screenshot website

VIVA – Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) yang beralamat https://jatim.kpu.go.id/ diretas oleh pihak tak bertanggung jawab, Minggu, 5 Desember 2021. Hal yang jadi sorotan, si peretas mengganti halaman utama situs tersebut dengan foto NWR (23) yakni mahasiswi UB Malang yang diduga bunuh diri karena dihamili oknum polisi berinisial Bripda RB sebanyak dua kali.

Saat dibuka, latar belakang laman KPU Jatim berwarna hitam. Di bagian atas, terpasang foto NWR dalam pelukan ibunya saat ditemukan meninggal di dekat makam ayahnya di Kabupaten Mojokerto. Di bawah foto, tertulis keterangan tentang peristiwa yang menimpa NWR.

Terlihat pula peretas yang mengatasnamakan dirinya sebagai Fake Root menuliskan tagar #RIP_AKHLAK #RIP_KEMANUSIAAN. "Mungkin kau akan selamat di dunia TAPI tidak untuk di akhirat. Sebanyak apapun harta mu tidak akan sanggup untuk menyogok keadilan Allah," dituliskan di laman retasan itu.

Saat VIVA mencoba membuka kembali situs KPU Jatim pada pukul 17.19 WIB, laman tersebut sudah tidak bisa dibuka lagi. Anggota Bidang Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan membenarkan bahwa situs KPU Jatim telah diretas. Ia mengaku sudah mengadukan hal itu ke bidang IT KPU Jatim.

"Saya baru tahu,” ujar Insan.

Diberitakan sebelumnya, NWR ditemukan tewas di dekat pusara ayahnya, Kamis, 2 Desember 2021. Diduga kuat, ia bunuh diri usai menjadi korban kekerasan dan mengalami depresi akibat diperkosa kekasihnya yang merupakan anggota Polres Pasuruan, Bripda RB dalam kurun waktu 2020-2021. Dari hubungan itu, NWR sempat hamil dua kali namun digugurkan karena dipaksa oleh Bripda RB. Kemudian Bripda RB sudah diperiksa Propam dan ditetapkan tersangka lalu ditahan.