Total Sudah 14 Orang Meninggal akibat Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru erupsi
Gunung Semeru erupsi
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Munhari mengatakan bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur bertambah satu orang. Totalnya, korban tewas menjadi 14 orang.

“Update jumlah korban meninggal dunia ada 14 orang. Artinya jumlah korban meninggal bertambah satu orang,” kata Munhari saat konferensi pers virtual pada Minggu, 5 Desember 2021.

Ia merinci korban meninggal dunia itu ada 2 orang dari Desa Supiturang Lumajang atas nama Puniyem dan Bangun Triyono. Kemudian 5 jasad ada di Rumah Sakit Haryoto, 5 jasad di Rumah Sakit Bhayangkara belum teridentifikasi identitasnya dan dua korban jiwa di Desa Sumber Wulung.

“Untuk jasad yang ada di RS Haryoto itu dari Desa Curah Kobokan teridentifikasi atas nama Yatifa, Muluk Edi, Edi Pranowo. Ada lima korban lainnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara belum diperoleh identitasnya, untuk Kecamatan Candipuro ada 3 orang meninggal yaitu Dafa (14), Siti (40) dan Besut (50),” kata dia.

Sementara itu Munhari mengatakan bahwa korban luka berat di RS Haryoto ada 8 orang dan di RSUD Pasirian Lumajan ada 16 orang, di Rumah Sakit Bhayangkara ada 3 orang lalu di Penanggal ada  8 orang. Sehingga, total luka berat 35 orang.

“Adapun korban luka ringan itu 21 orang, sehingga jumlah korban luka ada 56 orang,” ujarnya.

Selanjutnya masyarakat terdampak ada 5.205 jiwa dengan 1.300 orang di pengungsian. Kemudian masih ada 9 jiwa lagi dalam proses pendataan status korban apakah hilang atau meninggal dunia.