KAI Kirim Toilet Portable untuk Pengungsi Erupsi Semeru

Warga terdampak erupsi Gunung Semeru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya.

VIVA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengirim toilet portable dan paket sembako untuk pengungsi erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Toilet diberikan mengingat warga yang terdampak erupsi membutuhkan tempat mandi cuci kakus (MCK) darurat.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian KAI untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang," kata EVP Corporate Secretary KAI, Asdo Artriviyanto, Senin, 6 Desember 2021.

Pengungsi Letusan Gunung Semeru di Balai Desa Sumberwuluh

Photo :
  • Antara
KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

Puluhan Paket Sembako

Bantuan 3 unit toilet portable dan puluhan paket sembako ini disalurkan melalui BPBD Kota Malang. Bantuan yang dikirim saat ini merupakan tahap awal.

Viral Oknum TNI Diduga Diam-diam Foto Penumpang di Kereta, Ini Kata KAI

Baca juga: 16 Korban Erupsi Semeru Alami Luka Bakar Serius

Mereka akan kembali mengirimkan bantuan sesuai kebutuhan pengungsi Gunung Semeru. Mereka juga berkoordinasi dengan lintas BUMN untuk membantu warga terdampak erupsi.

"Bantuan toilet portable untuk mendukung sanitasi masyarakat di wilayah lereng Semeru karena banyaknya rumah terdampak erupsi sehingga tidak dapat ditempati sementara waktu. Adapun paket sembako yang diberikan berupa mie instan, popok, kornet, biskuit, susu, dan air mineral untuk warga yang membutuhkan di masa penanggulangan bencana. KAI akan terus memberikan bantuan secara bertahap dalam rangka percepatan pemulihan bencana di kawasan tersebut," ujar Asdo.

Erupsi Gunung Semeru

Photo :
  • Twitter @BNPB_Indonesia

Masih Normal

Sementara untuk operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih normal. Jarak pandang masinis masih baik dan tidak ada jalur KA yang terganggu akibat erupsi Gunung Semeru. Seluruh perjalanan Kereta Api dari dan ke Surabaya, Malang, Jember, dan Banyuwangi masih berjalan normal.

"Semoga bantuan yang KAI berikan dapat bermanfaat dan harapannya masyarakat terdampak dapat selalu diberikan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini," tutur Asdo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya