Rekam Jejak Darmawan Prasodjo, Bos Baru PLN Pengganti Zulkifli Zaini

Darmawan Prasodjo
Sumber :
  • web.pln.co.id

VIVA – Profil Darmawan Prasodjo tengah menjadi perbincangan publik usai ditunjuk menjadi Direktur PT PLN (Persero) yang baru.

5 Sosok Publik Figur yang Terseret dalam Kasus Pencucian Uang Harvey Moeis, Siapa Saja?

Darmawan Prasodjo menduduki posisi yang diisi sebelumnya oleh Zulkifli Zaini. Sebelumnya Darmawan Prasodjo menjadi Wakil Dirut PLN. Keputusan pengangkatan ini disampaikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dalam RUPS PLN di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan mulai berlaku sejak tanggal 6 Desember 2021.

Untuk mengenal lebih dekat mengenai sosok Darmawan Prasodjo, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. Lantas, Siapa Darmawan Prasodjo?

Tambah Daya Listrik PLN saat Ramadhan Cuma Rp 202.403, Simak Caranya!

Pendikan Darmawan Prasodjo

Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Photo :
  • istimewa
Melesat 17,5 Persen, Laba BRI Capai Rp 60,4 Triliun di 2023

Melansisr dari laman resmi PT PLN (Persero), Senin 6 Desember 2021, Darmawan lahir di Magelang tanggal 19 Oktober 1970. Ketika duduk di bangku SMA, ia menjadi 20 lulusan terbaik di SMA Negeri 1 Magelang.

Kemudian tahun 1989, ia memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat dari Menteri Riset dan Teknologi saat pemerintahan BJ Habibie. Ia berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Computer Science di Texas A&M University tahun 1994.

Pendidikannya tidak hanya sampai gelar sarjana, ia melanjutkan studinya dan meraih gelar Master of Computer Science di Texas A&M University tahun 2000. Lalu, Darmawan kembali menempuh pendidikan S3 sampai meraih gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber Daya Alam di Texas A&M University yang berkolaborasi dengan Duke University tahun 2011 silam.

Perjalanan karier

Setelah lulus kuliah, ia pernah berkarier menjadi konsultan-peneliti di Negeri Paman Sam selama 15 tahun sampai 2012 silam. Setelah kembali ke Indonesia, Darmawan kemudian mengawali kariernya di beberapa perusahaan dengan menjadi Direktur di Indonesia Center for Green Economy.

Bukan hanya berkarier di perusahaan, ia juga pernah merambah ke dunia pendidikan dengan menjadi Kepala Jurusan di Prodi Green Economy, Surya University dari tahun 2013 sampai 2014. Di tahun yang sama, ia juga menduduki Presiden Komisaris Amnesti Energi Nusantara tahun 2013-2014.

Setelah itu, ia menjadi Co-chair Post 2015 Millenium Development tahun 2013-2014, Deputi I Bidang Pengendalian, Monitoring, dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden tahun 2015-2019 dan Komisaris PT PLN (Persero) tahun 2018-2019.

Selain itu, Darmawan merupakan kader PDI Perjuangan sekaligus menjadi tim pendukung untuk pasangan capres cawapres Jokowi-JK. Ia juga menjadi tim ahli pasangan Jokowi-JK yang mempunyai tugas untuk memberikan masukan ketika debat capres-cawapres dalam Pilpres tahun 2014.

Jajaran Direksi PT PLN (Persero) Terbaru:

1. Direktur Utama Darmawan Prasodjo 

2. Direktur Perencanaan Korporat Evy Haryadi

3. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril

4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sinthya Roesly

5. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia Syofvi Felienty Roekman

6. Direktur Energi Primer Rudy Hendra Prastowo

7. Direktur Mega Proyek dan EBT Wiluyo Kusdwiharto

8. Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan Muhammad Ikbal Nur

9. Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali Haryanto WS

10. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya