Ganjar Pranowo: Merapi Mirip dengan Semeru

Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di sela acara pemberian bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di kantornya, Semarang, Senin, 6 Desember 2021.
Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di sela acara pemberian bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di kantornya, Semarang, Senin, 6 Desember 2021.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Bergolaknya Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengingatkan seluruh warga di lereng Gunung Merapi untuk waspada dan siaga. Sebab sampai saat ini, aktivitas Gunung Merapi belum stabil dan erupsi kecil serta guguran lava masih terjadi sejak 4 Januari 2021.

"Saya minta semua siaga. Sabtu lalu saya sudah mendapat laporan dari BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi), aktivitas Merapi sampai sekarang masih berlangsung," kata Ganjar di sela acara pemberian bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru di kantornya, Semarang, Senin, 6 Desember 2021.

Ia menambahkan, guguran lava pijar dan pertumbuhan kubah lava di Gunung Merapi masih terjadi. Akumulasi tekanan magma dan sulai magma dari dalam juga masih berlangsung. Semua warga terutama di Yogyakarta, Magelang, Klaten dan sebagian Boyolali agar siaga.

Gunung Merapi muntahkan awan panas

Gunung Merapi muntahkan awan panas

Photo :
  • BPPTKG

Potensi bahaya, katanya, ada di sektor Selatan dan Barat Daya. Berdasarkan hasil identifikasi, daerah yang rawan sekitar Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Putih, Gendol dan Woro, dengan perhitungan guguran bisa mencapai 3 sampai 5 kilometer.

"Seluruh kepala desa tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan semua standby, siaga. Informasi diberikan agar mereka semua segera mengungsi. Jangan ambil risiko. Kita belajar betul dengan kondisi dan karakter Merapi yang mirip dengan Semeru," katanya.

Kirim relawan dokter hingga tukang