Ganjar Kirim Dokter hingga Tukang Bantu Bencana Erupsi Semeru

Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di sela acara pemberian bantuan dan pemberangkatan
Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di sela acara pemberian bantuan dan pemberangkatan
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberangkatkan 50 relawan untuk membantu penanganan korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin, 6 Desember 2021.

Relawan gabungan terdiri dari unsur BPBD, PMI, SAR, Tagana, pramuka, MDMC, LPBINU, tim kesehatan dan lain sebagainya. Mereka akan bertugas 12 Desember mendatang untuk menangani logistik, dapur umum, kesehatan, pertukangan untuk pembuatan hunian sementara, psikososial dan sebagainya.

Tim relawan berangkat sekaligus membawa bantuan logistik senilai Rp934 juta yang terdiri dari kebutuhan pokok seperti sembako, selimut, kasur, obat-obatan dan lainnya. Selain itu juga sarung, mukena, sajadah, kasur lipat, popok bayi, pembalut wanita, pakaian dalam, peralatan mandi, genset, air bersih hingga sayuran segar.

"Jaga kesehatan, jangan merepotkan," kata Ganjar pada relawan.

Ia meminta agar relawan begitu datang langsung lapor, dan siap di BKO kan dimanapun yang dibutuhkan. Selain juga mencatat apa saja yang dibutuhkan dan kalau ada yang mendesak segera komunikasikan.

"Hari ini kami mencoba membantu saudara-saudara kita di Semeru. Ada bahan makanan, sarung, mukena, kebutuhan perempuan, anak-anak termasuk tangki air ke Jatim. Mudah-mudahan bisa membantu," kata Ganjar.

Ia menambahkan, hingga Minggu malam, 5 Desember pihaknya terus berkomunikasi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terkait erupsi Semeru. Ia juga berkomunikasi dengan sejumlah kepala desa yang ada di sekitar gunung itu.