Musik Batak Mendunia, Anggota DPR Sabet Rekor Muri

Budayawan Jaya Suprana menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA - Anggota DPR yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sukur H Nababan, menerima penghargaan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Penghargaan itu diberikan untuk Sukur atas prakarsanya membuat lomba cipta lagu Batak dengan peserta terbanyak di dunia.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

"Dengan ini Muri menyatakan dan mengukuhkan bahwa lomba cipta lagu Batak 2021 sebagai rekor dunia, bukan hanya rekor Indonesia, tapi dunia karena belum pernah ada lomba cipta lagu Batak dengan peserta terbanyak di negara lain, hanya di Indonesia. Rekor ini diberikan kepada pemrakarsanya Sukur H Nababan," kata founder sekaligus Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, secara virtual, Senin, 6 Desember 2021.

Anggota DPR dari PDIP Sukur Nababan (kanan) mendapat rekor Muri.

Photo :
  • Dok. DPR.
Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Dua Kata yang Sinkron

Jaya Suprana yang akrab disapa Kang Jaya ini menuturkan Batak dan menyanyi adalah dua kata yang sinkron dan menyatu.

Bersama Mone Band, Mario G Klau Hadirkan Pemain Lama

"Bersyukur saudara saya dari Batak mendapat anugerah kemahiran bisa menyanyi didukung dengan filosofi kehidupan orang Batak dalam prosesi dari kelahiraan sampai dengan tutup usia di isi dengan nyanyi, baik nyanyian suka maupun duka," kata Kang Jaya.

Baca juga: Sumut Pecahkan Dua Rekor, Gubernur Edy Terima Piagam Muri

Ratusan Pencipta Lagu

Menurutnya, lomba cipta lagu Batak 2021 ini diikuti oleh 368 pencipta lagu dengan 625 lagu yang masuk ke panitia. Dari jumlah tersebut, ada 103 karya lagu menjadi finalis untuk maju ke grand final.

Grand final akan dilaksanakan 4 hari berturut turut dari tanggal 6, 7, 8, 9 Desember 2021 setiap pukul 19.00 WIB secara Livestreaming melalui Youtube.

Seluruh lagu yang maju ke grand final diarasemen oleh The Bataks Band yang juga memperoleh MURI mengarasement 103 lagu dengan kualitas dan waktu yang terbatas.

The Bataks Band adalah Group Band anak anak muda bertalenta yang dibentuk dan dibina oleh Sukur H Nababan.

Artis Batak Papan Atas

Lomba cipta lagu Batak 2021 juga didukung oleh arti-artis Batak papan atas sebanyak 42 orang untuk menyanyikan seluruh lagu yang maju ke Grand Final, seperti Rita Butar Butar, Trio Ambisi, Amigos Band, Victor Hutabarat dan lainnya. Seluruh artis yang tampil juga dianugerahi MURI.

"Kini tinggal menunggu keputusan dewan juri. Segera kita akan menikmati musik yang menyungguhkan nada-nada tinggi, dan andung-andung teknis pernapasan yang hebat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya