DPR Bersama Pemerintah Sepakati 40 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2022

Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD (Foto Ilustrasi)
Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama dengan pemerintah telah menyepakati daftar program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2022. Kesepakatan ini diambil dalam rapat yang diselenggarakan pada Senin malam, 6 Desember 2021.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, M Nurdin. Dalam rapat ini, hadir perwakilan pemerintah yakni Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Pada rapat ini, ada sebanyak 40 RUU yang telah disepakati masuk Prolegnas Prioritas 2022. Rincian 40 RUU itu adalah 26 RUU usulan DPR RI, 12 RUU usulan pemerintah, dan 2 RUU menjadi usulan DPD.

Sebelum disepakati, Ketua Panja Prolegnas Prioritas Willy Aditya terlebih dahulu menyampaikan laporan. Setelahnya disusul dengan penyampaian pendapat fraksi-fraksi. 

Kemudian Pimpinan rapat meminta persetujuan kepada semua fraksi, yang dijawab dengan persetujuan semua fraksi. "Saya ingin menegaskan kembali, jadi semua fraksi setuju?" ujar Nurdin.

"Setuju," jawab anggota.

Selain yang ada dalam daftar prolegnas prioritas 2022, pemerintah dan DPR juga menyepakati enam RUU kumulatif terbuka. Enam RUU itu salah satunya ialah terkait perubahan tentang Undang-Undang Cipta Kerja