Kapolri Pantau Alur Lahar Erupsi Gunung Semeru, Ini Penampakannya

Pantauan udara bencana erupsi Gunung Semeru
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pemantauan lewat udara daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Dalam pantauan ini, Sigit mengecek alur lahar Gunung Semeru yang erupsi akhir pekan lalu. Dia menaiki helikopter didampingi beberapa anak buahnya.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Ada Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, Komandan Korps Brimob Irjen Pol Anang Revandoko, Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto, Asisten Bidang Logistik Kapolri Irjen Argo Yuwono, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, dan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Kapolri juga melihat langsung kondisi korban erupsi Gunung Semeru yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pasirian Lumajang bersama Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo. Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar memberikan perhatian khusus kepada warga lanjut usia (lansia), ibu hamil dan anak-anak yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Pantauan udara bencana erupsi Gunung Semeru

Photo :
  • dok Polri

Dia minta kepada seluruh jajarannya harus memaksimalkan seluruh kekuatan guna menjamin keselamatan dan kesehatan dari warga yang jadi korban dan yang harus mengungsi, khususnya para lansia, ibu hamil dan anak-anak tersebut. 

Gunung Ruang Erupsi, 4 Penerbangan dari Soetta Menuju Manado Dibatalkan

"Saya minta kepada seluruh personel Polri di lapangan agar memberikan perhatian khusus kepada para korban dan pengungsi terutama lansia, ibu hamil, dan anak anak sehingga mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan," ujar dia kepada wartawan, Selasa 7 Desember 2021.

Mantan Kapolda Banten itu mengatakan, dengan hadirnya personel dan seluruh sarana-pra sarana yang dimiliki Polri, diyakini bisa membantu meringankan beban para masyarakat yang menjadi korban bencana alam erupsi tersebut. Dia memastikan, TNI-Polri bersama dengan Pemda dan Kementerian terkait terus memberikan upaya terbaik dalam rangka melakukan mitigasi bencana dengan berupaya maksimal dalam pencarian dan penyelamatan korban serta penyaluran bantuan logistik.

Dirinya juga menyadari kalau situasi pasca-bencana alam saat ini memang sulit untuk semua pihak, terutama para masyarakat yang menjadi korban. Namun, kata Sigit, dengan seluruh pihak bergerak bersama dan bergandengan tangan, maka beban itu akan terasa ringan.

"Kehadiran Polri di lokasi bencana merupakan wujud kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat yang diharapkan mampu menanggulangi bencana secara cepat dan baik serta dapat meringankan beban korban dan dampak bencana alam. Situasi ini merupakan saat-saat yang sulit bagi kita semua, namun yakinlah ketika kita bersatu bersama-sama kita tangguh dan mampu melewati segala tantangan dan hambatan yang ada," katanya.

Sementara itu, Asisten Bidang Logistik Kapolri Irjen Argo Yuwono mengatakan, pihaknya memberikan penguatan sarana prasarana terkait manajemen bencana. Misalnya dapur umum di tempatkan di wilayah pengungsian dan penyulingan air.

“Ke depan sarana seperti ini diperbanyak untuk membantu kalau ada kejadian lagi, mengingat Indonesia rawan bencana,” sambung dia.

Baca juga: Tinjau Lokasi Erupsi Semeru, Jokowi Sampaikan Duka Mendalam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya