Serang TNI, 1 Anggota KKB Tewas di Yahukimo

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Kontak senjata kembali terjadi di Distrik Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, antara aparat TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Peristiwa itu terjadi Selasa pagi tadi waktu setempat, 7 Desember 2021.  

Dalam kontak tembak itu, satu anggota kelompok kriminal bersenjata atau KKB meninggal dunia. 

“Benar tadi pagi TNI dengan KKB baku tembak sekira pukul 08.00 WIT. Kita mau diserang, pada saat kita kan melakukan pembinaan teritorial,” kata Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi, Brigjen TNI Isak Pangemanan, Selasa, 7 Desember 2021. 

Dia mengatakan, sebagian masyarakat Suru-Suru saat ini masih ada yang mengungsi. Sehingga TNI pun memperkuat pos penjagaan.

“Masyarakat masih mengungsi, jadi kita juga membangun dan memperkuat pos. Jadi kalau kita ditembak ada perlindungan,” ujarnya. 

Saat membangun pos, kata Isak Pangemanan, pihaknya juga telah menempatkan personel untuk mengamankan anggota yang bekerja. Namun KKB tersebut tiba-tiba datang mau menyerang. 

“Karena kita mau diserang KKB, jadi kita tembak mereka dan satu orang meninggal. Jadi kita sedang membangun perlindungan di pos dan dijaga anggota, tapi mereka ditembak dan anggota balas tembaka,” jelas Isak.