Viral Video Air Laut Merak Banten Surut, Begini Faktanya

Ilustrasi Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Sebuah video beredar di jejaring media sosial (medsos) yang menggambarkan air laut surut di sekitar Merak, Kota Cilegon, Banten. Dalam rekaman berdurasi 24 detik itu ada seorang pria diduga yang merekam berkata kalau air laut surut dan petugas piket untuk waspada.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Video itu beredar luas pada Senin malam, 06 Desember 2021.

"Dilaporkan Pantai Merak tiba-tiba surut, yang piket jangan pada tidur. Perahu pada kandas. Ada apa ini?," begitu ucap seseorang yang merekamnya, dikutip Selasa, 7 Desember 2021.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Beragam pernyataan berbeda keluar dari BMKG, Polri hingga PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak. Untuk BMKG Serang memberikan stempel hoax pada video itu. Karena pada Senin malam, 6 Desember 2021, usai video itu viral, BMKG meninjau Pantai Merak. Kondisinya normal, bahkan ombak terhitung besar.

"Hoax. Masyarakat tetap waspada tetapi tidak panik yang berlebihan, klarifikasi dan teliti jika mendapatkan informasi yang meragukan," kata Tarjono, Kasi Data dan Informasi BMKG Serang, melalui pesan elektroniknya.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Kemudian dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mengaku pada hari Senin sore hingga Selasa pagi, 6-7 Desember 2021, air laut tidak surut. Kalaupun terjadi pasang surut air laut, merupakan hal yang biasa.

"Kalau saya lihat di lapangan ini tidak benar, itu hoax. Kami sama-sama di lapangan. Kalau surut biasa, kemudian pasang, itu kejadian biasa. Kalau surut total sampai kapal kandas, itu tidak benar," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy dikantornya.

Berbeda dikatakan oleh Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono. Menurut dia, kejadian surutnya air laut benar terjadi pada Sabtu malam, 4 Desember 2021. 

Air laut yang surut terpantau di Merak, Kota Cilegon. Kemudian di Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, yang masuk kedalam wilayah hukum Polres Cilegon.

AKBP Sigit Haryono menerangkan kalau pasang surut air laut merupakan hal biasa terjadi, sehingga masyarakat tidak perlu risau.

"Sempet surut mulai dari Merak, Anyer, Cinangka, itu surut. Masyarakat untuk tenang beraktivitas, pantau cuaca dan informasi dari BMKG yang ada," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono.

Baca juga: Banjir Rob di Pelabuhan Sunda Kelapa, Pengusaha Rugi Ratusan Juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya