Hari Kelima, Korban Meninggal APG Gunung Semeru 39 Orang

Tim SAR menggunakan alat berat dalam misi pencarian korban APG Gunung Semeru di Lumajang.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Tim SAR gabungan kembali menemukan empat jasad korban bencana Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang di hari kelima pencarian korban pada Rabu, 8 Desember 2021. Keempat jasad korban tersebut ditemukan di Dusun Curah Kobokan.

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Berdasarkan data dari Kantor SAR Surabaya, korban pertama dan kedua yang ditemukan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, dievakuasi pada pukul 06.00 WIB. Adapun korban ketiga berjenis kelamin laki-laki usia anak-anak dievakuasi pada pukul 09.45 WIB. Sedangkan korban keempat berjenis kelamin laki-laki dievakuasi pada pukul 10.45 WIB.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, setelah dievakuasi dari lokasi penemuan ke titik aman, selanjutnya keempat jenazah korban dibawa ke RSUD dr Haryoto Lumajang guna diidentifikasi.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Pada hari kelima operasi SAR, sebanyak tiga SRU dikerahkan untuk melakukan pencarian korban di tiga sektor. Pencarian dilakukan dengan peralatan ringan, seperti cangkul, sekop dan gergaji mesin.

Sebelumnya pada Selasa kemarin sekira pukul 16.00 WIB, didapat informasi bahwa satu korban luka, Suliadi (49), yang dirujuk ke RSUD Soebandi Jember meninggal. Dengan demikian, jumlah korban meninggal akibat bencana guguran awan panas gunung Semeru berubah menjadi 39 orang.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Tim SAR gabungan menggali material guguran awan panas Gunung Semeru saat pencarian korban yang tertimbun material itu di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 7 Desember 2021.

Photo :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Wayan menjelaskan, pada pencarian hari kelima, SRU satu yang terdiri dari 150 orang melakukan pencarian di sektor A, yaitu di dusun Curah Kobokan. SRU dua yang terdiri dari 125 orang melakukan pencarian di sektor B, yaitu di daerah Tambang Haji Satuhan. SRU tiga terdiri dari 80 orang melakukan pencarian di sektor C, yaitu di dusun Kebondeli dan kampung Renteng.

Wayan menjelaskan, kendala yang dihadapi saat proses pencarian, yaitu peralatan (kendaraan) berat tidak dapat masuk ke sektor B. Hal ini akibat akses menuju kedua sektor tertutup oleh tumpukan pasir dan tanah yang terbawa banjir, pada Selasa malam.

Kendala lain yang dihadapi, yaitu kondisi cuaca mendung di siang hari dan secara visual, puncak gunung Semeru tertutup awan tebal. Sehingga, upaya pencarian sempat dihentikan sementara demi semua personel yang terlibat dalam pencarian.

Pihak-pihak yang terlibat dalam pencarian korban di hari keempat ini, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, Unsur TNI dan Polri, BPBD provinsi Jawa Timur, BPBD kabupaten (Lumajang, Jember, Gresik, Jombang, Malang, Pacitan, Batu), Lumajang Rescue, MRI Lumajang, Baret Rescue, GPN, Baznas Pusat, 851 Rescue, SAR Surabaya, Green North Rescue, Rumah Zakat Jember, YSDF, PMI Probolinggo, SAR OPA Jember, Biting Rescue, Helix Corps, Sergap Solo, DMC Ikatek UH, SARGABO, BDRT 27, Gerpik, Gimbal Alas, Brandal Alas, Tera, ACT Jember, Baznas Timika, Ners Jakarta, RPPI, Cakrawala, Dirgantara Rescue, Sekber Pasuruan, UNS Solo, Sragen Wong Salam, KRI Indonesia, SAR Kanjuruhan, DMC Dompet Dhuafa dan sejumlah organisasi potensi SAR lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya