Banjir Rob Rendam Medan Belawan, Bobby Siapkan Langkah Penanganan

Wali Kota Medan Bobby Nasution
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kawasan Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara, mengalami banjir rob pada Selasa dini hari. Wali Kota Muhammad Bobby Afif Nasution sudah menyiapkan langkah-langkah dan berkordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Tetap kolaborasi dengan BWS dan Kementerian PUPR. Kami menunggu minggu depan, janjinya dipresentasikan. Mereka sudah presentasi ke kami penanganan banjir rob," kata Bobby kepada wartawan di Medan, Rabu, 8 Desember 2021.

Namun, Bobby mengungkapkan, dari hasil paparan itu, ada beberapa koreksi disampaikan oleh Pemerintah Kota Medan sesuai dengan saran dan keluhan dari warga bermukim di Kecamatan Medan Belawan.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Dampak banjir rob, berdasarkan data diperoleh, tersebar di 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Belawan I, Belawan II, Sicanang, Bahari, Bahagia dan Bagan Deli. Sebanyak 14.929 KK atau 60.102 jiwa rumahnya terendam banjir air pasang laut itu.

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono
Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Bobby juga mengimbau masyarakat di Kecamatan Medan Belawan untuk waspada menghadapi banjir rob karena sudah diberitahu kapan akan terjadi pasang air laut. "Bahkan sudah disuarakan ke masyarakat tanggal sekian sampai tanggal sekian air rob akan naik," katanya.

Seorang warga Medan Belawan, Handoko, mengungkapkan bahwa pasang air laut mulai terjadi pada malam hari sehingga pada dini hari rumah warga terendam banjir rob.

"Kalau siang hari surut, tapi malam mulai naik airnya. Ya, kami minta pemerintah untuk dapat selesaikan masalah banjir rob ini. Kasihan warga, barang-barang di rumah rusak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya