Pemerintah Desa Supiturang Kesulitan Salurkan Bantuan ke Curah Kobokan

Salah seorang warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, melintas rumah rusak akibat terjangan awan panas guguran Gunung Semeru, Rabu, 8 Desember 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Vicki Febrianto

VIVA – Pemerintah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyatakan masih mengalami kesulitan untuk menyalurkan bantuan kepada warganya di Dusun Curah Kobokan.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Kepala Desa Supiturang Nurul Yaqin Pribadi, Rabu, 8 Desember 2021, mengatakan kesulitan untuk menyalurkan bantuan ke Dusun Curah Kobokan karena rusaknya jalur menuju wilayah itu akibat lahar Gunung Semeru.

"Wilayah Dusun Curah Kobokan, berada di seberang sungai yang sekarang terdampak parah akibat lahar," kata Nurul.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Desa Supiturang, katanya, memiliki empat dusun, yakni Dusun Sumbersari, Dusun Gumukmas, Dusun Supiturang, dan Dusun Curah Kobokan. Dari empat dusun itu, Curah Kobokan berada terpisah dari dusun lainnya.

Dusun Curah Kobokan sesungguhnya terhubung dengan Dusun Sumbersari. Namun, akibat aliran material vulkanik yang sangat banyak menyebabkan akses ke Curah Kobokan terputus sejauh ratusan meter. Dusun Curah Kobokan bisa diakses dari Dusun Sumbersari, namun jalur itu putus akibat aliran lahar.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Pemerintah Desa Supiturang masih memantau perkembangan kondisi Dusun Curah Kobokan karena untuk menuju wilayah itu membutuhkan waktu hingga lima jam melalui jalur utara.

Pantauan udara bencana erupsi Gunung Semeru

Photo :
  • dok Polri

Terlebih, katanya, Jembatan Geladak Perak yang sebenarnya bisa dipergunakan untuk mengakses Dusun Curah Kobokan, saat ini kondisinya terputus yang disebabkan derasnya aliran lahar saat Gunung Semeru meletus pada 4 Desember.

Dengan kondisi itu, Pemerintah Desa Supiturang meminta bantuan Desa Sumbermujur dan Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, untuk bisa menyalurkan bantuan untuk warga Dusun Curah Kobokan.

"Untuk saat ini dibantu oleh Kepala Desa Sumbermujur dan Penanggal. Karena dari pihak desa masih kesulitan akses untuk ke Curah Kobokan, terlebih Jembatan [Geladak Perak] putus dan untuk melewati lahar, kondisinya masih panas," katanya.

Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 mengeluarkan awan panas guguran (APG) mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kurang lebih pukul 15.20 WIB.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 10.30 WIB, sebanyak 34 orang dilaporkan meninggal dunia, 82 luka ringan dan 26 orang luka berat. Selain itu, sebanyak 16 orang hingga saat ini masih dalam pencarian. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya