Kapolda Pantau Kondisi Terkini Gunung Semeru Via Udara, Ini Hasilnya

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta memantau kondisi terkini Gunung Semeru via udara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Berangkat dari Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta, didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim, menggunakan helikopter melakukan pantauan udara terkait kondisi terkini Gunung Semeru. Pantauan ini sebagai analisa jalur turunan lahar.

Film ‘Guru Tugas’ Tuai Kecaman di Madura, Polda Jatim Tangkap 3 Orang Konten Kreator

"Selain itu juga sebagai pemetaan batas zona aman di sekitar lereng Gunung Semeru. Rekomendasi penanda wilayah batas aman dan rawan, yang bertujuan membantu petugas dan masyarakat yang tergabung dalam Sar Gabungan evakuasi," kata Nico kepada wartawan, Kamis, 9 Desember 2021.

Dalam pantauan udara, Kapolda Jatim menganalisa kawasan terdampak Awan Panas Guguran (APG) erupsi Gunung Semeru. Kapolda memetakan jalur aliran lahar yang berdekatan dengan permukiman warga.

KKP Terjunkan Kapal Pengawas Bantu Evakuasi Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Ruang

"Akan kita buat penanda, dimana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi," lanjut dia.

Masih kata Kapolda, penanda ini menjadi acuan peringatan dini kepada para petugas relawan hingga masyarakat yang tergabung dalam SAR Gabungan, sebagai satgas penanggulangan erupsi Gunung Semeru.

Garuda Indonesia Sanksi Tegas Pegawainya yang Jadi Petugas 'Nebeng' Haji ke Tanah Suci

"Hasil analisa ini akan dikoordinasikan dengan stakeholder terkait seperti Badan Vulkanologi, Basarnas dan BPBD serta Pemda dan instansi terkait,” kata Nico.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Badan Geologi ESDM mencatat masih terjadi letusan-letusan kecil Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Potensi bahaya berupa erupsi menghasilkan awan panas.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024