Kapolri Gelar Lomba Orasi Gara-gara Indeks Demokrasi RI Melorot

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar lomba orasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Lomba tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia yang jatuh pada Jumat hari ini, 10 Desember 2021.

Menurut Sigit, lomba tersebut sebagai bentuk penghargaan Polri terhadap kebebasan berpendapat. Lomba tersebut digelar sebagai bentuk pembuktian, bahwa Polri sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

"Polri sangat menghargai kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat yang memang merupakan bagian dari yang harus kita amankan. Itu memang bagian dari Hak Asasi Manusia yang diberikan perlindungan secara universal dan juga diatur dalam UUD dan UU," kata Sigit, di Tugu Proklamasi.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan jika lomba orasi yang digelar hari ini merupakan grand final dari rangkaian kegiatan Lomba Orasi Unjuk Rasa tahun 2021, yang sebelumnya telah bergulir.

"Latar belakang dari kegiatan ini, Bapak Kapolri memanggil kami, kemudian persepsi masyarakat tentang demkorasi di Indonesia di tahun 2021 ini. Berangkat dari ideologi tersebut, Bapak Kapolri memerintahkan adakan berbagai macam kegiatan-kegiatan antara lain lomba mural, dalam rangka memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan ekspresi," sebut Dedi.

"Hari ini juga dilaksanakan sama dalam rangka untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa berekspresi, tentunya sesuai dengan UU 9 tahun 1998, kembalikan menyampaikan pendapat di muka umum," sambungnya.

Dalam hal ini kegiatan lomba orasi unjuk rasa ini, lanjut Dedi, Polri berkolaborasi dengan Komnas HAM dan Kompolnas, serta berbagai macam elemen masyarakat yang juga tergabung dalam rangka penyelenggaraan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title