Lima Kapolres Usul Bangun 25 Check Point Prokes Nataru ke Satgas Jabar

 Lima Kapolres di wilayah Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi soa pengamanan Nataru
Lima Kapolres di wilayah Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi soa pengamanan Nataru
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Lima kepala kepolisian resor di lima wilayah Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi menyepakati untuk membangun 25 pos check point protokol kesehatan dalam penanganan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru 2022, di Gadog, Bogor Jawa Barat, Kamis 9 Desember 2021.

Rekomendasi itu akan disampaikan ke Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Barat.

"Kami lima kapolres telah melaksanakan rapat kordinasi terkait penerapan. PPKM pada Natal dan tahun baru, yang pada prinsipnya adalah mengurangi beban kerumunan di kawasan Puncak. Sehingga pertemuan pada hari ini akan merekomendasikan kepada Satgas tingkat provinsi akan dibangun sebanyak 25 posko protokol kesehatan," kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Kombes Susatyo mengatakan, 10 posko akan dibangun di Kabupaten Bogor ada 10, 6 posko Kota Bogor, 3 di Kabupaten Sukabumi, 2 di Kota Sukabumi Kota, dan 4 posko di Kabupaten Cianjur. Polisi di lima wilayah ini akan memastikan bahwa setiap orang yang berpergian pada waktu Nataru itu sudah divaksin.

"Yang akan melaksanakan, pertama, check point terkait dengan peneraman ganjil-genap. Kedua, memeriksa sertifikat vaksin bagi para pengguna jalan. Ketiga, bisa dilaksanakan tempat vaksin di masing-masing posko prokes," jelasnya.

Selain 25 posko protokol kesehatan, petigas akan menyiapkan 7 tim untuk mengurai kepadatan atau crowd free road di masing-masing Polres. Hal itu untuk mengantisipasi  terdapat jalan-jalan tikus yang digunakan oleh pengunjung kawasan wisata. Rekomendasi ini, kata Susatyo, sejalan dengan rencana pemberlakuan bahwa jalan tol yang hanya digunakan bagi kendaraan ganjil-genap.

"Sehingga 25 posko prokes itu akan mendukung apabila ada kendaraan yang akan masuk pada ruas tol. Sehingga dengan PPKM Nataru ini yang disesuaikan dengan kawasan 5 Polres ini masuk adalah level 2 semua. Sehingga pemberlakuan mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka PPKM Nataru," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title