Ganjar Gencarkan Aksi Tanam Ribuan Pohon di Musim Penghujan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam pohon di Semarang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggencarkan aksi menanam ribuan pohon di musim penghujan. Sejumlah lapisan masyarakat mulai dari pramuka, mahasiswa, Perum Perhutani hingga para pelaku usaha turut dilibatkan.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

"Pokoknya selama musim hujan ini kita tanam terus dan hari ini ada banyak yang ikut terlibat dari Pramuka, mahasiswa dan kehutanan juga ikut," ujar Ganjar di Pantai Tirang, Kecamatan Tugu, Semarang, Jumat, 10 Desember 2021.

Selain menanam pohon, kegiatan di Pantai Tirang juga dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih. Ganjar berharap, kegiatan ini menambah rimbun kawasan pantai dan mencegah terjadinya abrasi.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

"Kalau ini bisa kita pelihara mudah-mudahan pantainya menjadi bagus. Maka yang ada di pantai ini atau mereka yang piknik, harapan kita semua menjaga kebersihan, sampahnya taruh di tempatnya," ucapnya.

Lebih jauh, Ganjar mengapresiasi sejumlah pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Dia pun berpesan agar masyarakat sekitar mengurangi penggunaan plastik.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

"Sedikit mungkin gunakan plastik ya," kata Ganjar yang datang ke lokasi sembari gowes.

Sementara itu, Kepala Dinas LHK, Widi Hartanto menyebut ada beragam bibit tanaman yang dipakai pada acara tersebut. Beberapa di antaranya yakni cemara laut, ketapang, hingga mangrove.

"Kegiatan penanaman ini yang ditekankan lebih ke penjagaan lingkungan pantai, terutama edukasi warga agar menjaga kebersihan pantai dari sampah," tutur Widi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya