Status Gunung Awu di Sulawesi Utara Naik ke Level II

Dokumen - Gunung Awu di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, status kedaruratannya naik ke level dua.
Sumber :
  • ANTARA/Jerusalem Mendalora

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mengumumkan informasi dari Badan Geologi bahwa status Gunung Awu di daerah itu naik dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

"Informasi peningkatan aktivitas Gunung Awu dari normal menjadi waspada diterima dari Badan Geologi Kementerian ESDM Republik Indonesia," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Wandu Labesi di Tahuna, Kabupaten Sangihe, Minggu, 12 Desember 2021.

Melalui informasi dari Eko Budi Lelono, Kepala Badan Geologi, dia menjelaskan, terhitung mulai 12 Desember 2021 pukul 12.00 Wita tingkat aktivitas Gunung Awu meningkat menjadi level II atau waspada sehingga masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius 1 kilometer dari puncak Gunung Awu.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

"Masyarakat dan wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di radius 1 km dari kawah puncak Gunung Awu," kata dia.

Erupsi gunung berapi/Ilustrasi.

Photo :
  • YouTube
BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Masyarakat juga diminta tetap tenang, tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Masyarakat diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Sangihe," kata dia.

Terdapat empat status gunung berapi, yaitu normal atau level 1, waspada atau level 2, siaga atau level 3 dan awas atau level 4. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya