Tiga Menteri Jokowi Turun Langsung Cek Kesiapan Muktamar NU Lampung

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin rapat koordinasi Muktamar NU ke34
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Jelang Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 yang direncanakan akan digelar pada 22-23 Desember 2021, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite PC-PEN menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah aparat terkait.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Rapat koordinasi ini membahas segala persiapan, termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam Muktamar yang rencananya akan diselenggarakan di Lampung tersebut.

"Rapat ini diselenggarakan untuk mengecek persiapan dalam penyelenggaraan Muktamar NU ke-34, yang akan diselenggarakan secara hybrid di Lampung. Asesmen situasi pandemi Provinsi Lampung sudah berada di Level 1," kata Menko Airlangga, dalam keterangannya, Sabtu 18 Desember 2021

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Pada rapat koordinasi ini, pihak Panitia menjelaskan secara lengkap mengenai strategi pramuktamar, mulai proses registrasi secara online, sampai proses edukasi penerapan protokol kesehatan. Panitia juga menjelaskan penerapan standar tata laksana protokol kesehatan pada saat Muktamar dan monitoring pasca muktamar, yang dikoordinasikan semuanya oleh pihak Panitia Nasional Muktamar NU ke-34.  

Panitia juga diminta untuk memastikan bahwa peserta yang hadir benar-benar sesuai dengan undangan dan dalam jumlah yang sesuai dengan kapasitas lokasi penyelenggaraan acara. Untuk mengantisipasi kehadiran rombongan lain di luar undangan, Airlangga Meminta disediakan lokasi lain untuk menonton muktamar tersebut.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

"Jika ada Rombongan lain yang tetap hadir, bisa dilakukan pengaturan agar tidak masuk ke lokasi acara pembukaan, namun disediakan lokasi lain yang difasilitasi dengan layar agar tetap bisa menyaksikan secara langsung. Untuk itu, kanalisasi dan pengaturan sangat diperlukan," ujar Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, pihak PBNU yang diwakili oleh Muhammad Nuh menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah, atas semua perhatian dan seluruh dukungan yang diberikan secara langsung dalam mengkoordinasikan persiapan gelaran Muktamar NU yang digelar setiap lima tahun sekali. 

"Pihak PBNU dan khususnya Panitia Nasional Muktamar NU ke-34, sangat terbuka untuk berkoordinasi secara penuh dengan pemerintah pusat, daerah dan TNI/ POLRI, agar seluruh rangkaian acara muktamar bisa digelar dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Nuh.

Dalam rapat koordinasi ini, hadir Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, serta Menteri Dalam Negeri yang diwakili Dirjen Politik dan PUM Kemendagri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya