Pesan Ganjar Pranowo untuk Alumni UGM

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Ganjar Pranowo meminta Kagama untuk menguatkan sinergi dalam membangun Indonesia. Dia meyakini sinergitas Kagama akan bermanfaat positif bagi kemajuan Indonesia.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

"Mari saling membantu dengan kekuatan alumni, kekuatan jaringan yang kita punya. Kita barangkali tidak selalu bisa memberi 100% sama dengan yang diharapkan, tapi kita semua selalu berusaha untuk membantu sekuat yang kita bisa,” kata Ganjar dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kagama secara luring terbatas di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta.

Ganjar pun menyampaikan apresiasi atas semangat luar biasa KAGAMA yang terus berkegiatan dan saling membantu selama pandemi Covid-19. KAGAMA dinilai tak kenal lelah menciptakan berbagai kegiatan dan merealisasikan ide-ide serta pemikiran kreatif berkontribusi untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Kita menggelar rakernas ini dalam keadaan bangsa kita masih berduka Saudara-saudara kita di Lumajang terdampak letusan Gunung Semeru dan juga gempa di utara Flores, NTT. KAGAMA bekerja sama dengan unit DERU UGM didukung relawan mahasiswa telah melakukan sesuatu yang bisa dilakukan secara cepat, dan akan terus kita usahakan yang kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan,” ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar meminta warga KAGAMA untuk tetap waspada akan varian baru Covid-19 yaitu Omicron dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Momentum pandemi juga diharapkan dapat digunakan untuk menata kembali laku kehidupan, misalnya tidak bergantung pada impor, membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi ekonomi, serta menjaga lingkungan mewujudkan ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Selama kepengurusan tujuh tahun terakhir, Ganjar menyampaikan KAGAMA bertekad dan mengusung agenda bersinergi untuk Indonesia Maju. Agenda ini bisa dilihat dari dalam melalui dua program unggulan yakni konsolidasi organisasi dan konsolidasi anggota. 

“Di internal  kita terus membantu menggali ide-ide positif untuk pembangunan bangsa. Kita mengangkat tema-tema aktual untuk berbagai webinar, baik untuk membantu teman-teman kita yang sedang diberi amanah mengelola urusan bangsa, ataupun untuk membantu menyukseskan program pemerintah secara umum,” urai Gubernur Jawa Tengah ini.

Untuk eksternal tidak terbatas pada alumni saja. Misalnya, program inkubasi bisnis bagi anggota Kagama maupun bukan anggota. Mendorong prinsip-prinsip Inklusi sosial dan memperkokoh dukungan pembangunan SDG’s Desa, melalui program Desa Inklusif bekerja sama dengan Kemendes PDTT dan UGM.

“Dari 80 Kabupaten di 320 desa (masing-masing kabupaten ada 4 desa) yang menjadi target, kalau bisa didampingi secara serius satu desa saja per kabupaten, itu akan luar biasa! Artinya kita akan punya 80 desa inklusif hebat di Rakernas akan datang,” katanya.

Lebih dari itu, Ganjar menyampaikan Kagama juga menjalin kerja sama dengan berbagi kementerian/ lembaga untuk memajukan Indonesia.

Baca juga: Cegah Kekerasan Seksual, Ganjar Minta CCTV di Ruang Publik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya