Warga Pronojiwo Lumajang Berharap Rumah Mereka Segera Diperbaiki

Warga mengungsi di SMPN 02 Pronojiwo akibat erupsi Gunung Semeru.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, menjadi salah satu daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021, yang lalu. Warga pun berharap rumah mereka yang rusak segera diperbaiki kembali.

Gunung Semeru Dua Kali Erupsi dengan Tinggi Letusan Tak Teramati, Menurut Petugas Pengamatan

Punya Tempat Tinggal Lagi

“Yang paling penting bagi kami sekarang kapan rumah kami yang hancur ini bisa diperbaiki, supaya kami bisa punya tempat tinggal lagi,” kata warga dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Didin, dikutip pada Senin, 20 Desember 2021.

Visual Tak Teramati, Gunung Semeru Erupsi 104 Detik

Rumah warga Lumajang yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • Istimewa.

Nyaris Tewas

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Sementara itu, warga dusun Sumbersari bernama Toha, 55 tahun, mengaku masih trauma dan was-was setiap langit mulai mendung. Dia dan keluarganya nyaris tewas akibat erupsi Gunung Semeru.

Saat itu, lahar datang tiba-tiba. Toha bersama istrinya berusaha menyelamatkan diri dan membawa cucu mereka, Rara, yang masih berusia 6 bulan.

Baca juga: Rahasia Rumah Pak Wagiman Utuh Tak Kena Erupsi Semeru: Solawat Nariyah

Motor yang ia kendarai terjebak karena jalan keluar satu-satunya sudah terhalang abu vulkanik, material lahar dan pohon. Beruntung, mereka bisa selamat karena ditolong oleh mobil warga setempat.

Warga Mengungsi

Toha, Didin bersama sekitar 100 warga lainnya kini mengungsi di SMPN 02 Pronojiwo. Mereka menempati ruang kelas yang dialihfungsikan menjadi bangsal.

Hingga kini, rencana rehabilitasi rumah warga belum jelas. Selain itu, terisolirnya wilayah Pronojiwo membuat masa pemulihan semakin sulit bagi warga di tempat ini.

“Kami selama ini seperti dianaktirikan karena semua perhatian di Candipuro,” kata seorang warga.

Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro Lumajang adalah dua wilayah yang paling terdampak guguran Semeru. Akses utama menuju Pronojiwo putus total usai jembatan Gladak Perak di desa Sumberwuluh, yang menghubungkan Kabupaten Lumajang-Malang melalui jalur Selatan, ambruk diterjang awan panas dan lahar dingin.

Dukungan dari Pusat

Terpisah, Bupati Lumajang, Toriqul Haq, mengaku sudah memulai langkah perbaikan. Namun dia membutuhkan dukungan dari pusat untuk bisa bekerja membangun kehidupan baru bagi rakyatnya.

Toriqul pun gembira dengan rencana kedatangan Ketua DPR Puan Maharani ke wilayahnya. Dia berharap kedatangan Puan bisa membantunya mengurai dan menyelesaikan banyak hal.

Puan akan melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur selama dua hari mulai Senin, 20 Desember 2021. Salah satu daerah yang ia singgahi adalah Kecamatan Pronojiwo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya