Viral Penumpang Internasional Terlantar di Seetta, Ini Kata Satgas

Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA – Sebuah video viral di media sosial setelah memperlihatkan kondisi penumpang kedatangan internasional yang terlantar. Peristiwa itu terjadi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Dari video tersebut diinformasikan, bila mereka terlantar karena menunggu proses karantina COVID-19. Yang mana berdasarkan aturan, setiap penumpang khususnya kedatangan internasional baik WNA atau WNI wajib melakukan karantina, sebagai upaya pencegahan masuknya virus terutama varian baru, yakni Omicron.

"Kita lama di sini nunggu mau karantina, dari maghrib sampai subuh belum juga dibawa ke lokasi karantina," kata perekam video tersebut.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Penumpang kedatangan terlantar di Bandara Soetta.

Photo :
  • Sherly / VIVA.

Komandan Satgas COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Letkol Agus Listiono membenarkan peristiwa itu. Di mana, penumpukan penumpang itu terjadi pada Sabtu, 18 Desember 2021, di area bagasi Terminal 3.

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

"Itu kejadian pas hari Sabtu, penumpukan itu karena ada kendala saat proses karantina. Lantaran, wisma atlet sedang lockdown usai ada kasus Omicron di sana," katanya, Senin, 20 Desember 2021.

Alhasil, saat itu petugas melakukan koordinasi ke beberapa wisma untuk bisa melakulan proses karantina.

"Sebagai tindakan darurat, pihaknya meminta tempat karantina di Nagrak sebagai tempat karantina penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Namun memang dibutuhkan waktu yang cukup lama, karena selain koordinasi. Pihaknya pun juga menyiapkan logistik di tempat karantina tersebut.

"Waktu itu alasannya logistiknya belum. Jam 13.00 WIB itu kami kirim semuanya bisa terurai sedikit demi sedikit sampai pada besoknya, Minggu, 19 Desember 2021 itu sudah beres semua," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya