Peserta Muktamar NU Lampung Dibatasi 500 Orang, Wajib Tes PCR

Pengurus PBNU sepakat Muktamar NU di Lampung 23-25 Desember 2021.
Sumber :
  • Istimewa/Asrorun Ni'am

VIVA – Bagi peserta Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 diharuskan menjalani tes swab PCR di lokasi. Acara itu akan berlangsung di lokasi Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar NU KH M Imam Aziz menegaskan bahwa hal tersebut mensyaratkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan jumlah peserta yang terbatas, maksimal 500 orang.

"Kita sudah mendesain itu semua sesuai dengan aturan Pemerintah," kata Imam Aziz di Lampung, 21 Desember 2021.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Imam juga menegaskan bahwa semua peserta yang hadir pada pembukaan dites swab PCR. Hal tersebut guna memastikan tidak ada penularan virus COVID-19 di arena Muktamar NU.

"Jarak tempat duduk peserta juga sudah diatur sesuai prokes. Pun ada duta-duta prokes dari mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama Medical Student Association (Numsa) untuk mengingatkan penerapan prokes kepada peserta yang abai," katanya.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Selain itu, panitia juga telah membentuk Satgas COVID-19 khusus Muktamar NU ke-34 di bawah koordinasi dengan dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein.

Sementara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dipastikan hadir pada Pembukaan Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah pada Rabu, 22 Desember 2021.

"Iya. Insyaallah Presiden Jokowi dan Wapres Kiai Ma'ruf sudah fix bakal hadir pembukaan Muktamar," ujar

Pembukaan Muktamar Ke-34 NU ini juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal-kanal Youtube dan ditampilkan di beberapa layar yang ditempatkan di titik-titik tertentu lokasi Muktamar. Peserta dan Nahdliyin di luar Pondok Pesantren Darussa'adah juga dapat mengikuti momen tersebut secara langsung di tempat masing-masing tanpa perlu hadir memenuhi arena pembukaan.

Persidangan Komisi

Setelah pembukaan, peserta akan melanjutkan kegiatan tersebut dengan mengikuti sidang tata tertib dan laporan pertanggungjawaban di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung pada Rabu  sore hingga malam.

Kegiatan dilanjutkan esoknya, Kamis 23 Desember 2021, dengan agenda sidang komisi. Sidang ini akan dilaksanakan lebih singkat dari muktamar-muktamar sebelumnya mengingat adanya keharusan menjaga prokes. Sidang komisi ini dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Komisi Bahtsul Masail Maudhu'iyah bertempat di Auditorium UIN Raden Intan Lampung, Komisi Bahtsul Masail Qanuniyah berlokasi di Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung, dan Komisi Bahtsul Masail Waqiiyah digelar di Pondok Pesantren Darussa'adah.

Sementara itu, Komisi Program ditempatkan di Universitas Malahayati, Komisi Organisasi di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, dan Komisi Rekomendasi di Fakultas Keguruan Universitas Lampung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya