Registrasi Peserta Terkendala, Gus Ipul Kritik Panitia Muktamar NU

Para peserta dan tamu undangan Muktamar ke-34 NU mulai berdatangan.
Sumber :
  • ANTARA/Dian Hadiyatna

VIVA – Mantan Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengkritik panitia pelaksana Muktamar NU ke-34 yang berlangsung di Provinsi Lampung, mulai 22-24 Desember 2021.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Karena, banyak peserta yang tidak bisa melakukan registrasi secara online karena terkendala jaringan. Sehingga mereka melakukan registrasi manual.

"Panitia tidak mengantisipasi ini. Karena manual peserta menumpuk dan panitia tidak siap," kata Gus Ipul, Rabu, 22 Desember 2021.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Menurutnya, registrasi peserta yang dilakukan secara online itu memiliki kelemahan. Salah satunya, sistem yang dibuat tidak bisa melakukan verifikasi apakah pengurus daerah itu sah atau tidak. SK (surat keputusan) itu menjadi salah satu syarat sahnya peserta.

Para personel Banser melakukan pengamanan di pintu masuk Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah
Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Karena itu, dia meminta masalah ini bisa diselesaikan segera. Jika tidak, agenda muktamar bisa berantakan. "Jangan sampai main-main dengan peserta yang punya hak pilih," ujar mantan Ketua GP Ansor.

Masalah registrasi peserta muktamar ini memang banyak dikeluhkan peserta. Banyak peserta yang kemarin melakukan antrean registrasi hingga larut malam.

Berdasarkan data pada Muktamar kali ini ada 587 peserta yang memiliki hak suara. Namun karena banyak kepengurusan yang bermasalah, jumlah peserta yang memiliki hak suara menjadi 519.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya