Yana Mulyana Bakal Dilantik Jadi Wali Kota Bandung Januari 2022

Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan menerangkan, pengganti almarhum Oded M Danial yaitu Yana Mulyana ditargetkan dilantik jadi Wali Kota Bandung pada Januari 2022.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

"Kita berharap Januari awal sudah bisa dilantik (Yana Mulyana)," ungkap Tedy di Bandung, Rabu 2022.

Menurutnya, dewan sudah menemui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pengumuman pemberhentian Wali Kota Bandung Oded M Danial masih di kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

"Saya lebih fokus hari ini untuk memuluskan proses pelantikan dari pak Yana dari Plt menjadi wali kota definitif ternyata saya ke kemendagri tidak sesederhana juga. Kita kemarin sudah pengumuman sudah mengumumkan surat pemberhentian dari Depdagri menunggu dari pak gubernur," katanya. 

"Kita berharap pak gubernur segera menyampaikan surat ke kemendagri setelah itu akan turun surat pemberhentian setelah itu kemudian akan mengumumkan kembali pak Plt didorong menjadi Wali Kota Bandung definit ke kemendagri kita berharap waktu tidak terlalu lama saya fokus ke sana," tambahnya. 

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Oded M Danial dinyatakan meninggal dunia akibat serangan jantung setelah ditangani Rumah Sakit Muhammadiyah. Oded mendapat penanganan serius setelah pingsan disela ibadah Jumat di Masjid Mujahidin Bandung, Jalan Sancang, Kelurahan Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung sekitar pukul 11.48 WIB pada Jumat 10 Desember 2021.

Dan pada pukul 11:55 WIB, hasil diagnosa, Oded terindikasi terkena serangan jantung. Kepergiannya pun meninggalkan duka bagi seluruh kalangan mulai dari wartawan hingga kolega politik.

Direktur Utama RS Muhammadiyah Kautsar Boesoiri memgungkapkan, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial telah meninggl dunia, Jumat 10 Desember 2021 pukul 11:55 WIB. Dari hasil diagnosa, Oded terindikasi terkena serangan jantung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Kautsar menjelaskan, Oded datang pukul 11.45 WIB diantar menggunakan ambulans. Saat tiba di rumah sakit, Oded sudah menggunakan oksigen untuk bantuan pernapasan.

"Beliau datang dari Mujahidin menggunakan ambulans dan sudah terpasang oksigen itu pukul 11.45 dan langsung masuk UDG," kata Kautsar saat memberikan keterangan di RS. Muhammadyah Bandung, Jumat 10 Desember 2021.

Saat masuk ke UGD, sambung Kautsar, kondisi tubuh Oded sudah menunjukan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia. "Diperiksa nadinya sudah tidak teraba, dan pupilnya sudah melebar, itu adalah tanda tanda beliau tidak ada. Kalau mendasak gitu kemungkinan jantung," katanya.

Menurut Kautsar, tim medis tetap berusaha melakukan tindakan meski sudah menunjukan indikasi dengan penanganan Resusitasi Jantung Paru. Namun dalam kurun waktu 10 menit tetap tidak menunjukan perkembangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya